Berita Sumba Timur

Bertolak 15 Menit dari Pantai, Perahu Motor Pengangkut Tim Nakes ke Pulau Salura Sumba Timur Celaka 

Perahu tersebut terbalik setelah 15 menit bertolak dari Pantai Katundu, Desa Praimadita Kecamatan Karera sekira pukul 10.20 Wita.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-Dinkes Sumba Timur
CELAKA- Perahu yang membawa tim terpadu Puskesmas Nggongi celaka saat menuju Pulau Salura, Sumba Timur, Sabtu 24 September 2022 pagi. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa 

Laporan Jurnalis POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Sebuah perahu motor yang mengangkut 10 anggota tim terpadu termasuk tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Nggongi Sumba Timur terbalik pada Sabtu 24 September 2022 pagi. 

Perahu tersebut terbalik setelah 15 menit bertolak dari Pantai Katundu, Desa Praimadita Kecamatan Karera sekira pukul 10.20 Wita.

Adapun Pantai Katundu sendiri merupakan satu-satunya "gerbang" masuk keluar wilayah Karera ke pulau salura

Saat mengarungi lautan menuju pulau salura yang berada di sisi selatan, cater atau sayap perahu itu patah. Karenanya perahu langsung terbalik. 

Baca juga: Kaya Potensi Biota Laut, Perlu Dibangun Pos Pengawasan Perikanan di Kawasan Pulau Salura Sumba Timur

Secara terpisah Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha mengatakan, beruntung nelayan yang sedang berada di wilayah itu datang memberikan pertolongan bersama anggota Polsek Karera beberapa saat setelah perahu terbalik. 

Disebutkan Tinus Ndjurumbaha tidak ada korban jiwa dalam kejadian naas tersebut. Sementara itu, material obatan-obatan, vaksin, dan alkes serta dokumen tidak dapat diselamatkan.

"Jadi tim kita akan melakukan pelayanan terpadu di pulau salura. Mereka dijadwalkan memberikan pelayanan vaksin  covid-19, puskel, screening HIV dan HbSAg pada ibu hamil, penyuluhan promkes di SD dan SMP, juga pemeriksaan kesling air dan jamban," sebut Tinus Ndjurumbaha

Selain delapan anggota nakes dan satu dokter dari Puskesmas Nggongi, bersama dengan mereka juga ada Babinsa Koramil Nggongi serta staf Bank NTT Capem Nggongi. 

Baca juga: PSDKP Kupang Lakukan Pengawasan Potensi Sumber Daya Laut dan Pesisir Pulau Salura

"Setelah kejadian mereka langsung dilarikan ke Puskesmas Nggongi. Puji Tuhan tidak mereka tidak apa apa, hanya laporan dari mereka ada trauma," lanjut Tinus Ndjurumbaha

Tinus menyebut, tim Puskesmas yang ikut dalam perjalanan tersebut terdiri dari dr. Alphonsius J.F Kote, perawat Antonius A.Saputra, perawat Novita A Pohan, perawat Rentho Alfa Edizon, petugas Kesling Paulus M.H. Ora, petuhas Promkes Marini Tamu Apu serta Daniel Pandanga (Sopir Ambulance) dan Hayun Ahmad Loda (sopir Ambulance air). 

Selain itu, ada Vecky Djoh staf Bank NTT Nggongi dan Ferdinand Kahora Ndilu dari Kodim 1601/ST -Koramil 06/ Karera. (Ian

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved