Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT: Daging Sambal Goreng Campuran Ubi Keladi Timor Gantikan Kentang, Lezat Bro

daging sapi, juga dicampur dengan kentang. Namun kali ini sambal goreng vs ubi keladi menjadi bahan campuran saat dimasak atau diolah menjadi masakan

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
SAMBAL GORENG-- Daging sambal goreng campuran ubi keladi Timor, lecker bro, selamat mencoba dan selamat menikmati 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Wilayah NTT memiliki sejumlah potensi makanan dan bahan pangan  lokal yang melimpah.

Jadi walaupun terjadi krisis pangan dan krisis global dunia, masyarakat di wilayah NTT tidak terlalu merasakan dan merisaukannya.
Pasalnya, wilayah  NTT sangat melimpah bahan umbi-umbian dan memiliki stok pangan lokal yang melimpah, seperti ubi, ubi keladi, jagung, kacang-kacangan dan hasil laut lainnya.

Salah satunya bahan pangan yang tahan dan bisa manfaatkan untuk aneka masakan dan Kuliner Khas NTT adalah ubi keladi. Ubi keladi sangat cocok dan sangat baik untuk kesehatan karena memiliki nilai karbohidrat yang sangat tinggi dengan kadar gula yang rendah.

Hal ini tentu sangat baik bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan terutama berkaitan dengan sakit gula atau diabetes.
Karena itu, jika ingin makan dan enak menikmati Kuliner Khas NTT dengan cita rasa yang tinggi, Anda bisa menikmati salah satu makanan atau jenis masakan khas ini, yakni daging sambal goreng campuran ubi keladi.

Baca juga: Kuliner Khas NTT: Ayam Kuah Kampung Pakai Santan yang Lecker Bro, Selamat Menikmati

Biasanya sambal goreng selain bahan dasarnya daging sapi, juga dicampur dengan kentang. Namun kali ini sambal goreng vs ubi keladi menjadi bahan campuran saat dimasak atau diolah menjadi masakan khas Kuliner Khas NTT.

Biasanya, jika Anda ke kampung-kampung atau ke wilayah pedesaan mengikuti hajatan/acara syukuran, dan pada saat Anda makan sambal goreng, bisanya campuran bahannya adalah ubi keladi pengganti kentang.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng ubi keladi, yakni daging sapi 1 kg, ubi keladi 5 -7 buah diiris tipis seperti mengiris kentang.
Ubi keladi digoreng hingga matang dan agak garing (kering).  Lalu daging sapi setelah dicuci diris tipis  ukurannya seperti untuk membuat sambal goreng. 

Daging yang sudah diiris tipis lalu daging sapi tersebut digoreng hingga agak setengah kering. Kacang digoreng hingga garing untuk dicampur bersama daging spi sambal goreng keladi.

Kita siapkan bumbu sambal goreng, yakni  bawang putih 2 siung dan bawang merah satu genggam diulik dalam cobek atau diblender bersama serai, langkuas dan lombok besar serta lombok kecil diblender hingga halus.

Bahan yang sudah diblender ini ditumis dalam wajan atau tacu dengan api kecil hingga harum dan matang.
Tuangkan daging dan ubi keladi  bisa juga ditambahkan kacang tanah yang sudah digoreng kering  ke dalam tumisan,

Lalu tuangkan air asam, dan jangan lupa taruh juga bisa ditambahkan daun salam dan daun jeruk untuk mengharumkan tumisan daging sambal goreng campur ubi keladi.
Bahan tumisan ini ditumis hingga harum dan matang,lalu tuangkan kecap asin dan kecap manis setelah itu diberi bumbu penyedap serta garam secukupnya.

Masakan Kuliner Khas NTT Sambal Goreng Campuran Ubi Keladi siap disantap bersama keluarga atau tamu spesial Anda.
Selamat menikmati berkat Tuhan Sambal goreng campur ubi keladi ala Ferry Ndoen, GBU. (fen)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

sambal goreng 1234
sambal goreng - Daging sapi sambal goreng campur ubi keladi Timor dan kacang (piring kiri) lecker bro, selamat menikmati berkat Tuhan, GBU
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved