Berita Timor Tengah Utara

Berita TTU, Meriahkan HUT Ke-100 Kota Kefamenanu, Etnis Manggarai Sumbang Dua Acara

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Kota Kefamenanu, Rabu 21 September 2022, etnis Manggarai di Timor Tengah Utara (TTU) membawakan dua acara.

Editor: Agustinus Sape
FOTO APOLONIUS ANAS
MENYANYI - Puluhan mahasiswa Universitas Timor (Unimor) asal Manggarai menyanyikan lagu Manggarai berjudul Kalarana dan Manggarai Tanage pada malam hiburan menyambut 100 tahun Kota Kefamenanu, Selasa 20 September 2022 malam. 

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Memeriahkan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-100 Kota Kefamenanu, Rabu 21 September 2022, etnis Manggarai di Timor Tengah Utara (TTU) membawakan dua acara.

Pertama, menyanyikan dua buah lagu berjudul Kalarana dan Manggarai Tanage malam hiburan Selasa 20 September 2022 di panggung utama Lapangan Oemanu.

Kedua, lagu tersebut dibawakan oleh tiga puluh orang mahasiswa/i asal Manggarai dan didukung oleh empat orang yang mewakili orang tua di bawah koordinasi Ida Harapan sebagai Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Manggarai di Universitas Timor ( Unimor). Kefamenanu.

Seusai pentas Ida Harapan selaku ketua Ikatan Keluarga Mahasiswa Manggarai mengatakan bahwa sebagai mahasiswa/i Unimor asal tanah Congka Sae, ia dan teman-teman merasa bersyukur bisa ditempa dan dibimbing oleh beberapa orang tua asal Manggarai di Kefamenanu sehingga bisa tampil maksimal membawakan dua lagu Kalarana dan Manggarai Tanage dalam kelompok Paduan Suara Mahasiswa Manggarai. Pengalaman seperti ini adalah awal dari berbagai pengalaman ke depan.

Lebih lanjut, mahasiswi yang sedang duduk di Semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FIP Unimor ini mengungkapkan bahwa kedua lagu itu tidak hanya memberi pesan berharga bagi keluarga Manggarai yang ada di tanah Biinmaffo, tetapi juga bagi diri mereka sendiri sebagai mahasiswa agar selalu rendah hati dan mencintai kekhasan "kuni agu kalo" tanah Manggarai.

Baca juga: HUT Kota Kefamenanu ke-100, Kabag Protokol dan Komunikasi Setda TTU Apresiasi Keterlibatan Warga

Walaupun secara administrasi, lanjut Ida, tanah Manggarai telah dibagi menjadi tiga wilayah pemerintahan. Di pundak mereka sebagai generasi penerus di tiga kabupaten yaitu Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur bisa berkembang ke depan.

"Setelah selesai kuliah di Universitas Timor tentu saja kami akan kembali ke tanah Manggarai dan membangun daerahnya masing masing," kata Ida.

Kegiatan kedua yang diikuti oleh etnis Mangarai yaitu Carnaval Budaya Rabu 21 September 2022.

Penari caci di kefamenanu_01
PEMAIN CACI - Para pemain Caci asal Manggarai ikut memeriahkan karnaval menyambut 100 tahun Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU.

Carnaval Budaya dari Etnis Manggarai dihadiri sekitar 100 orang yang terdiri dari mahasiswa, koordinator tiga wilayah yakni Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur, kaum ibu dan anak-anak.

Etnis Manggarai mendapat nomor urut 2 dalam Carnaval Budaya Tahun 2022 yang diselenggarakan Pemda TTU dari pukul 15.00 WITA sampai Pukul 24.00 WITA.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved