Berita Kupang

Lurah Oesapa Barat Christian Chandra Terapkan Sistem Jemput Sampah di Rumah Lurah Masyarakat

Lurah Oesapa Barat, Christian Chandra, menjelaskan bahwa hasil pertemuan dengan para Ketua RT/RW, LPM Kelurahan Oesapa Barat menghasilkan beberapa kep

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
LURAH - Lurah Oesapa Barat Christian E. Chandra 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pemerintah Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang akan menerapkan sistem jemput sampah dari rumah warga untuk dibawa ke kontainer sampah.

Lurah Oesapa Barat, Christian Chandra, menjelaskan bahwa hasil pertemuan dengan para Ketua RT/RW, LPM Kelurahan Oesapa Barat menghasilkan beberapa keputusan penting untuk dilaksanakan dalam rangka mendukung Pemerintah Kota Kupang dalam program kebersihan.

"Kami akan melaksanakan penjemputan sampah dari setiap rumah masyarakat dan tempat pelaku usaha. Kegiatan ini kami sudah laksanakan di tiga wilayah RT. Hasilnya berjalan cukup baik sehingga kami akan laksanakan di 21 RT," ungkap Lurah Oesapa Barat Christian Chandra 

Sistem penjemputan sampah ini kata Christian Chandra bertujuan agar meminimalisir masyarakat membuang sampah sembarang tempat seperti lahan kosong. 

Menurut Lurah Oesapa Barat Christian Chandra setiap RT nantinya akan berdayakan pemuda-pemuda yang belum bekerja (pengangguran) untuk bertugas menjemput sampah dari rumah warga dan tempat pelaku usaha. 

Lanjut Christian Chandra kemudian ditetapkan juga iuran pengangkut sampah yang diberikan kepada petugas. Dengan demikian masyarakat tidak perlu pergi membuang sampah di TPS, tapi masyarakat cukup simpan sampah di depan rumah lalu petugas akan melakukan penjemputan sampah dan melakukan pengantaran sampah ke fasilitas kontainer sampah yang ada diwilayah Kelurahan Oesapa Barat.

"Sebanyak 7 unit yang sudah kami siapkan," jelas Lurah Oesapa Barat

Disampaikan program ini memaksimalkan fungsi dari ketua RT/RW dan juga dapat memberdayakan pemuda-pemuda setempat diwilayah RT masing-masing yang belum memiliki pekerjaan dapat melaksanakan penjemputan sampah.

Selain itu,lanjut Lurah Oesapa Barat disampaikan adanya kesepakatan untuk memberikan sanksi sosial maupun denda apabila ada warga Kelurahan Oesapa Barat maupun warga luar Kelurahan Oesapa Barat yang melanggar sistem pengelolaan sampah yang ada di Kelurahan Oesapa Barat dengan membuang sampah sembarang tempat.

"Harapan kami agar masyarakat bisa mendapatkan efek jerah agar bisa mentaati sistem pengelolaan sampah di Kelurahan Oesapa Barat," harapnya.

Baca juga: Lurah Oesapa Imbau Pengusaha Kafe dan Pengunjung Jaga Kenyamanan di Pantai Warna

Pihaknya menetapkan petugas untuk penjemputan sampah di masing-masing RT dan petugas untuk melakukan pengawasan terhadap Kebersihan diwilayah RT teresebut. Kekuatan daripada mengatasi masalah persampahan ini ada didalam masyarakat. 

"Pemerintah tentu tidak dapat bekerja sendiri sehingga kami mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam mengatasi persoalan sampah dan kebersihan di Kelurahan Oesapa Barat," tukasnya. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved