Berita Belu

Kelompok Tani di Belu Dapat Dana Kredit Merdeka Bank NTT

Enam kelompok tersebut tersebar di empat desa yakni Desa Umaklaran, Desa Fatubaa, Desa Dafala dan Desa Takirin

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Edi Hayong
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
KREDIT MERDEKA- Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin didampingi Wakil Bupati, Aloysius Haleserens dan Kepala Bank NTT Cabang Atambua, Adrianus M. Pontus menyerahkan kredit merdeka kepada anggota poktan, Rabu 21 September 2022. 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA- Bank NTT Cabang Atambua memberikan Kredit MERDEKA kepada anggota kelompok tani hortikultura di Kabupaten Belu. 

Total kredit yang diberikan senilai Rp 145 juta untuk enam kelompok tani binaan Syngenta. Kelompok Wekalabiun mendapat kredit Rp.15 juta, Kelompok 51 Junior Rp.35 juta, Kelompok Buburlaka Rp 30 juta, Kelompok Bika Daka Rp.20 juta, Kelompok Beabantur Remang Rp.20 juta dan Kelompok Laran Mesak Rp. 25 juta. 

Enam kelompok tersebut tersebar di empat desa yakni Desa Umaklaran, Desa Fatubaa, Desa Dafala dan Desa Takirin.

Anggota kelompot tani tersebut menjalankan usaha tanam tomat dan lombok. 

Secara simbolis, kredit merdeka ini diserahkan Bupati Belu dr Agustinus Taolin didampingi Wakil Bupati, Aloysius Haleserens dan Kepala Bank NTT Cabang Atambua, Adrianus M. Pontus, Rabu 21 September 2022.

Baca juga: Bank NTT Gelontorkan Dana Kredit Merdeka 8,8 M untuk UMKM di NTT

Pada kesempatan ini Bupati Belu dr. Agustinus Taolin menyampaikan apresiasi kepada Bank NTT yang telah memberikan kredit merdeka atau kredit tanpa bunga kepada petani di Belu. 

Bupati berpesan kepada anggota kelompok tani agar jangan takut dengan pinjaman untuk berusaha karena dari hasil usaha tersebut akan mengembalikan dana pinjaman.

Selain itu, petani harus menggunakan dana pinjaman dengan sebaik-baiknya untuk suatu usaha ekonomi produktif. 

Sedangkan Kepala Bank NTT Cabang Atambua, Adrianus M. Pontus mengatakan, kredit merdeka ini diberikan kepada enam kelompok tani yang sesuai penilaian dari Bank NTT layak untuk dibiayai. Luas lahan dari enam kelompok 6,5 hektare untuk budidaya tomat dan lombok. 

Bank NTT sudah melakukan survei pasar sehingga hasil produksi dari keenam kelompok ini akan dipasarkan ke luar seperti Kupang dan Ambon. 

Baca juga: Tinggi, Animo Pelaku UKM di Lembata Manfaatkan Kredit Merdeka Bank NTT

Para petani mengungkapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Belu dan Bank NTT yang telah memberikan modal usaha kepada kelompok lewat kredit merdeka.

Mereka optimis, hasil usaha mereka dapat mengembalikan kredit. (jen)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved