Berita Manggarai Timur

Drainase Buruk, Banjir Genangi Jalan Negara di Kota Borong, Manggarai Timur

Pantauan POS-KUPANG.COM, Kamis 22 September 2022, terlihat air banjir dari hujan mengalir di atas badan jalan. Air itu juga menggenangi badan jalan

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
TERGENANG - Air menggenangi badan jalan Negara di Kota Borong, Kamis 22 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Kondisi saluran drainase di sepanjang bahu jalan Negara Lintas Flores di Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) memprihatinkan alias buruk. Akibatnya air banjir saat hujan mengalir dan mengenangi badan jalan itu. 

Pantauan POS-KUPANG.COM, Kamis 22 September 2022, terlihat air banjir dari hujan mengalir di atas badan jalan. Air itu juga menggenangi badan jalan di Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur.

Titik buruknya drainase itu terlihat dari Kantor Pengadean hingga sampai di Kantor Camat, dari jembatan Kali Mati hingga sampai di perempatan lampu merah Polsek Borong dan dari perempatan Lampu merah sampai di area Kantor Koperasi Obor Mas. 

Baca juga: Tembok Penahan Abrasi Sungai Wae Reca Borong  Manggarai Timur Ambruk, Warga Minta Diperbaiki

Terlihat drainasenya ditutupi trotoar, namun pada kolongnya di penuhi tumpukan sampah, material tanah dan bebatuan serta dihiasi rerumputan. Kondisi ini terlihat air banjir tidak mengalir di saluran drainase itu namun mengalir melalui badan jalan. 

Akibatnya menggangu kendaraan yang melintas di badan jalan itu. Bukan hanya genangan air, namun juga material berupa sampah, batu kerikil, pasir dan tanah dibawa banjir berserakan di atas badan jalan. 

Marto Andur, salah satu pengguna jalan meminta kepada pemerintah melalui Instansi terkait untuk segera memperbaiki saluran drainase itu. 

Baca juga: Kisah Frans Meo, Sepuluh Tahun Jadi Pemulung di Borong Penuhi Kebutuhan Keluarga 

"Pemerintah harus secepatnya perbaiki ini, ini jalan negara apalagi di dalam area perkotaan kok buruk sekali, kasihan pengguna jalan kendaraan melintas terganggu, apalagi ini di tengah kota tapi buruk sekali pemandangannya,"ujar Marto. 

Camat Borong, Sistus Mbalur, SP, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan terkait buruknya drainase di jalan Negara itu pihak pemerintah Kecamatan sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Manggarai Timur. Selain itu juga dengan sejumlah anggota DPRD Dapil Borong. 

"Kita sudah komunukasikan dengan PUPR dan sejumlah anggota DPRD Dapil Borong, harapanya agar Dinas PUPR bisa berkoordinasi dengan Instansi terkait PPK Jalan Negara untuk bisa memberikan ijin untuk dibongkar dan bersihkan material serta sampah yang menumpuk di saluran drainase ini,"ujarnya.

"Kalau jalan-jalan di pemukiman penduduk tidak ada masalah karena kita terus mendorong masyarakat untuk membersihkan drainase. Tapi ini di jalan Negara kewenangan ada di PPK Jalan Negara, harapan mereka bisa perhatikan karena kasihan masyarakat di sekitar ini dan juga pengguna jalan," Sambungnya. (rob) 

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved