Berita Kupang

Saluran Irigasi Primer Irigasi sawah Teres Mulai Dikerjakan Petani Sawah Teres Ucap Terima Kasih

Tahun ini pemerintah Kabupaten Kupang menggelontorkan anggaran sebesar 1 miliar rupiah untuk pekerjaan pemeliharaan irigasi sawah teres.

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
Exavatir mulai melakukan penggalian saluran induk sawah Teres, Selasa 20 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Tahun ini pemerintah Kabupaten Kupang menggelontorkan anggaran sebesar 1 miliar rupiah untuk pekerjaan pemeliharaan Irigasi sawah Teres.

Pekerjaan Irigasi sawah Teres dimulai hari ini, Selasa 20 September dengan alat berat mulai melakukan excavasi di saluran irigasi primer.

Dari pantauan di lapangan pekerjaan Irigasi sawah Teres tersebut dilaksanakan oleh CV Karya Bangun Mandiri selama 90 hari kalender dengan sumber dana dari  Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2022.

Sebelum pekerjaan Irigasi sawah Teres dimulai sebagai ungkapan syukur petani sawah Teres melalukan doa bersama setelah mengajukan permohonan sejak tahun 2014 lalu akhirnya bisa terealisasi tahun ini.

Doa bersama tersebut dilakukan bersama PPK dari dinas PU Kabupaten Kupang, kontraktor pelaksana, serta konsultan pengawas.

Ardrianus Tnunay ketua Kolompok tani Tabua mengungkapkan rasa teruma kasih kepada pemerintah karena selama ini pekerjaan sawah sering terkendala karena saluran Irigasi sawah Teres terutama irigasi primer sering tersendat karena beberapa bagian sudah rusak.

Baca juga: Kuliner Khas NTT: Masakan Daging RW vs Bubur Kelor Penetral Lemak, Mantap Bro Selamat Menikmati

"Terima kasih Bupati, juga dari provinsi dan pemerintah pusat yang sudah perhatikan kami," ujar Petani Sawah Teres ini

Tahun ini kata Petani Sawah Teres ini, karena ada pekerjaan Irigasi sawah Teres ini mereka hanya melakukan satu kali tanam saja. Sementara biasanya qda yang bisa melakukan tiga kali tanam setahun.

Dengan perbaikan saluran irigasi ini dia berharap kedepan lokasi presawahan teres semakin maju dengan hasil pertanian yang juga ikut berkualitas.

Sebelumnya Kadis PU Kabupaten Kupang Joni Nomseo mengungkapkan pemerintah Kabupaten Kupang lewat dinas pekerkerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) mengalokasikan anggaran 14 miliar rupiah untuk pembangunan irigasi dan pengairan.

Ada beberapa item pekerjaan disana yakni pembangunan bendungan, embung kecil, dan saluran irigasi di wilayah kabupaten Kupang.

"Tahun ini totalnya 14 miliar semua, ada di beberapa tempat kita bangun bendungan, embung-embung kecil dan saluran irigasi," jelasnya.

Dia juga mengatakan setiap pembangunan embung dialokasikan 200 juta rupiah dan di kecamatan amarasi selatan ada 1 embung yang akan dibangun yakni di desa Sahraen.(cr9)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Exavatir mulai melakukan penggalian saluran induk sawah Teres, Selasa 20 September 2022.
Exavatir mulai melakukan penggalian saluran induk sawah Teres, Selasa 20 September 2022. (POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved