Berita Kupang

Kolam Alam di Kelurahan Maulafa Kota Kupang Hampir Kering, Begini Kondisi Terkini

Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang saat ini hampir kering. Sumber air ini sering digunakan warga setempat untuk keperluan mencuci

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Seorang warga Kelurahan Maulafa, Kecamatan Kota Kupang sementara masuk ke dalam kolam untuk menimba air, Selasa 20 September 2022 Seorang warga Maulafa, Kota Kupang sementara masuk ke dalam kolam untuk menimba air, Selasa 20 September 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Salah satu kolam yang menjadi sumber air di wilayah RW 08, Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang saat ini hampir kering. Sumber air ini sering digunakan warga setempat untuk keperluan mencuci dan mandi.

Pantauan POS- KUPANG.COM, Selasa 20 September 2022,  sumber air ini terletak persis di sekitar pemukiman warga Maulafa.  Padahal sumber air di wilayah RW 08 , Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang menjadi sumber air alternatif namun saat ini hampir kering. Sumber air ini sering digunakan warga setempat untuk keperluan

Mata air  di wilayah RW 08, Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang ini nampak debitnya sudah berkurang dan hampir kering. Warna air yang ada kebiru-biruan dan kabur, karena banyak dedaunan yang jatuh di dalam. Meski begitu ada beberapa warga masih menggunakan untuk mencuci dan bisa juga  mandi akibat kesulitan memperoleh air.

Baca juga: Warga Kelurahan Sikumana Swadaya Kerja Jalan Rabat Beton 27 Tahun Hidup di Jalan Bebatuan

Untuk sampai ke dasar kolam, ada tangga yang dibuat dari campuran pasir dan semen. Kemiringan tangga itu sesuai dengan kemiringan kolam. 

Di tepi kolam ini terlihat ada papan yang bertuliskan, Jagalah Kebersihan, Buanglah sampah pada tempatnya. 

Lurah Maulafa, Yanto Sapay, S.E mengakui sumber air itu selalu dimanfaatkan warganya untuk mencuci maupun mandi.Tentang debit yang saat ini hampir kering, Yanto mengatakan, air itu biasanya mulai mengering ketika memasuki musim kemarau seperti sekarang. 

"Kalau musim kemarau, pasti debitnya turun, bahkan jika kemarau panjang, maka bisa saja kering. Tapi kalau sudah masuk musim hujan, airnya kembali normal, bahkan sampai meluap, ," kata Yanto.(*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU

Seorang warga Kelurahan Maulafa, Kecamatan Kota Kupang sementara masuk ke dalam kolam untuk menimba air, Selasa 20 September 2022


Seorang warga Maulafa, Kota Kupang sementara masuk ke dalam kolam untuk menimba air, Selasa 20 September 2022
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU Seorang warga Kelurahan Maulafa, Kecamatan Kota Kupang sementara masuk ke dalam kolam untuk menimba air, Selasa 20 September 2022 Seorang warga Maulafa, Kota Kupang sementara masuk ke dalam kolam untuk menimba air, Selasa 20 September 2022 (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved