Berita Manggarai Barat

Jelang Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Manggarai Barat Buka Rekrutmen Panwascam

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Manggarai Barat atau Bawaslu Manggarai Barat membuka pendaftaran bagi warga negara Indonesia untuk menjadi Pengawas Pe

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
BAWASLU - Komisioner Bawaslu Manggarai Barat, Eduardus Ndundu saat memberikan keterangan kepada Pos Kupang. Senin 19 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Manggarai Barat atau Bawaslu Manggarai Barat membuka pendaftaran bagi warga negara Indonesia untuk menjadi Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) pada Pemilu serentak 2024 mendatang.

Komisioner Bawaslu Manggarai Barat, Eduardus Ndundu mengatakan, pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 21-27 September 2022 dan saat ini pihaknya masih mempersiapkan segala hal terkait pendaftaran.

Rekrutmen Panwaslu Kecamatan mengacu pada Keputusan Bawaslu Republik Indonesia Nomor 314/HK.01.00/09/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Dalam Pemilu Serentak 2024.

"Kita siapkan kuota 36 orang dalam dua kali kebutuhan artinya nanti totalnya 76 orang. Seluruh anggota Panwascam yang terpilih nantinya akan ditempatkan di 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat, setiap kecamatan akan ditempatkan tiga orang, " ungkap Eduardus kepada Pos Kupang, Senin 19 September 2022.

Terkait dengan persyaratan yang harus dilengkapi calon pendaftar, kata Eduardus, harus berusia minimal 25 tahun saat mendaftar, merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), pendidikan minimal SMA atau sederajat, setia kepada pancasila dan tidak pernah terlibat pidana penjara.

Untuk itu, pihaknya membuka kesempatan bagi warga Manggarai Barat yang memenuhi semua persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwascam.

Mekanismenya, setelah calon pendaftar lolos seleksi administrasi, akan dilanjutkan dengan tes tertulis yang dilaksanakan secara online. Dalam rekrutmen ini, Bawaslu juga memperhatikan kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

Baca juga: Bawaslu Umumkan Tiga Komisioner NTT Untuk Lima Tahun Kedepan

"Setelah tes tertulis, akan ditentukan dua kali yang dibutuhkan, kebutuhannya 3 orang per kecamatan berarti 6 orang yang nanti akan terus melaju ke tahapan wawancara, kami juga memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan," jelas dia.

"Apabila dari 6 orang yang diputuskan itu tidak ada keterwakilan perempuan maka akan diperpanjang sampai memenuhi kuota tersebut, " tambahnya.

Eduardus berharap partisipasi masyarakat dalam memberi masukan dan tanggapan dalam tahapan rekrutmen ini, semua itu bertujuan agar anggota Panwascam yang terpilih nantinya memiliki kualitas dan integritas demi menyukseskan Pemilu 2024 mendatang. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

BAWASLU - Komisioner Bawaslu Manggarai Barat, Eduardus Ndundu saat memberikan keterangan kepada Pos Kupang. Senin 19 September 2022.
BAWASLU - Komisioner Bawaslu Manggarai Barat, Eduardus Ndundu saat memberikan keterangan kepada Pos Kupang. Senin 19 September 2022. (POS-KUPANG.COM/BERTO KALU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved