Berita Olahraga

Tangkap Peluang Bupati Kupang Siapkan Lahan 40 Hektar Bangun Venue PON 2028

Bupati Kupang Menyiapkan Lahan seluas 40 hektar di Tilong Desa Oelnasi Kecamatan Kupang Tengah untuk pembangunan venue PON 2028

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
Bupati Kupang Korinus Manseno 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Bupati Kupang Menyiapkan Lahan seluas 40 hektar di Tilong Desa Oelnasi Kecamatan Kupang Tengah untuk pembangunan venue PON 2028.

Bahkan menurut Bupati Kupang Korinus Masneno saat dikonfirmasi, Sabtu 19 September 2022 mengungkapkan lahan tersebut juga telah disurvei sejumlah staf dan perutusan dari Pemerintah Propinsi NTT dan Kementerian Pemuda dan Olahraga beberapa waktu lalu.

Bupati Kupang Korinus Masneno juga mengaskan niatnya mendukung penuh Pemerintah Provinsi NTT yang sudah menangkap peluang sebagai tuan rumah PON 2028 bersama Provinsi NTB.

Survey tersebut juga tambah Bupati Kupang Korinus Masneno telah menghasilkan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olah-raga untuk  membangun stadion sepak bola, kolam renang dan wisma atlet.

"kita mendampingi Kota Kupang, lokasi yang kita siapkan di Tilong karena didukung dengan kepemilikan tanah seluas 40 hektar dan sudah bersertifikat dan siap dipakai untuk membangun Sport Center, stadion  bola kaki, kolam renang dan wisma atlet. Hasil survei struktur tanah juga memungkinkan," ujar Bupati.

 Bupati Kupang Korinus Masneno memilih wilayah Tilong karena jarak tempuh dari batas Kota Kupang ke Tilong Kabupaten Kupang hanya 15 menit.

Tidak hanya itu, selain viewnya menghadap ke laut serta lokasinya juga miliki kondisi alam dan lingkungan dengan udara yang bersih jauh dari polusi.

"pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Kupang siap dengan alasan memiliki lahan  yang memadai, bersertifikat juga punya fasilitas listrik dan air yang memadai. Kami juga sudah melakukan pengeboran air tanah di seputaran Tilong dan debit airnya."urai Bupati Kupang Korinus Masneno

Untuk itu, saat ini, NTT sendiri sudah mulai membidik sejumlah lokasi untuk pembangunan maupun pembenahan venue PON XXII Tahun 2028.

Sebelumnya Wakil Ketua KONI NTT Inche Sayuna menjelaskan KONI NTT sudah menyiapkan 5 kabupaten untuk pembangunan maupun pembenahan venue PON XXII Tahun 2028.

"Untuk sementara kita ada ambil 5 daerah yang akan menjadi lokasi venue yaitu, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Sumba Timur, Manggarai Barat, dan Sikka. Di 5 kabupaten ini pula sudah dibagi cabang olahraganya sesuai potensi daerahnya masing-masing," jelasnya. 

Menurut Inche, lima Kabupaten-Kota ini dipilih karena menjadi daerah yang mudah diakses dalam satu kali perjalanan.(cr9)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

 

Bupati Kupang Korinus Manseno
Bupati Kupang Korinus Manseno (POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved