Pilpres 2024

Anies Baswedan Beri Kode Kuat Siap Maju di Pilpres 2024, Begini Tanggapan Pengamat

Jika sebelumnya selalu bungkam soa Pencapresaannya di 2024, kini Anies Baswedan beri Kode kuat siap maju di Pilpres 2024, begini tanggapan pengamat

Editor: Adiana Ahmad
POS-KUPANG.COM
Anies Baswedan Siap Mauju di Pilpres 2024/ Foto Anies Baswedan ( kiri ) dan AHY ( Kanan ) - Anies Baswedan bei kode kuat siap maju di Pilpres 2024. Begin Tanggapan Pengamat 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akhirnya mulai terbuka soal pencalonannya pada Pilpres 2024. Jika sebelumnya Anies Baswedan yang selalu bungkam jika ditanya pencalonannya pada Pilpres 2022, kini lebih terbuka denganb beri kode kuat siap maju di Pilpres 2024.

Sikap Anies Baswedan itu langsung ditanggapi pengamat.

Peneliti politik Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN ), Wasisto Raharjo Jati, menilai peryataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal kesiapannya menjadi capres pada Pilpres 2024 merupakan kode untuk partai.

Wasisto juga berpendapat, pernyataan Anies itu secara tak langsung ingin mengumumkan kepada partai-partai peserta pemilu, bahwa Anies kini terbuka untuk menjalin komunikasi politik.

Baca juga: Benny K Harman Ungkap Fakta: Ada Suara Genderuwo Jegal Anies Baswedan Maju ke Pilpres

Khususnya, terkait pencapresan pada Pilpres 2024 mendatang.

Terlebih, pernyataan itu disampaikan Anies jelang berakhirnya masa jabatannya pada 16 Oktober 2022.

"Saya pikir Anies memberikan kode khusus bagi calon koalisi parpol pengusungnya," ucap Wasisto kepada Kompas.com, Sabtu (17/9/2022).

Wasisto mengatakan, Anies merupakan salah satu kandidat capres yang tingkat popularitas dan elektabilitas tergolong tinggi.

Karena itu, kata Wasisto, Anies secara sadar mengetahui potensi yang dimilikinya dan hendak menawarkan potensi elektabilitasnya kepada calon partai pengusung.

Baca juga: Resmi Diusulkan Berhenti dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Masih Bungkam Soal Capres 2024

"Bahwa dengan popularitas yang konsisten akan membawa dampak positif elektabilitas bagi koalisi yang menjadi kendaraan politiknya (Anies)," tutur Wasisto.

Sementara itu, Anies Baswedan mengaku siap maju Capres di Pilpres 2024 jika ada paratai politik yang mengusungnya.

Pernyataan ini disampaikan oleh Anies Baswedan menanggapi menguatnya kabar tiga parpol yakni NasDem, PKS dan Partai Demokrat ingin mengusungnya sebagai capres 2024.

Ia mengibaratkan, dirinya akan menerima dan melaksanakan jika ketua RT kampungnya memberikannya tugas kepadanya.

"Saya tuntaskan pekerjaan di Jakarta sampai 16 Oktober. Prinsip saya selama ini, ketika ada panggilan tugas, Ketua RT saja manggil saya untuk tugas di kampung jadi pembina untuk Karang Taruna, saya terima tugas itu," kata Anies di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved