Berita Floores Timur

Penjabat Bupati Flotim Surati Gubernur NTT Terkait Kekosongan Sekda

Kejaksaan Negeri Flores Timur (Flotim) telah menetapkan tiga tersangka kasus dugaan korupsi dana covid-19 tahun anggaran 2022

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda (POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA)

POS-KUPANG.COM,LARANTUKA - Kejaksaan Negeri Flores Timur (Flotim) telah menetapkan tiga tersangka kasus dugaan korupsi dana covid-19 tahun anggaran 2022.

Ketiga tersangka itu yakni PIG selalu Sekda Flotim, bendahara pengeluaran BPBD berinisial PLT dan AHB selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Flores Timur. Penetapan tersangka itu diumumkan jaksa, Kamis, 15 September 2022.

Saat ini, AHB sudah ditahan di Ryan Larantuka, sedangkan Sekda PIG dan bendahara pengeluaran BPBD, PLT masih mangkir dari panggilan jaksa.

Penjabat Bupati Flores Timur Doris Rihi mengaku prihatin atas kejadian itu. Penjabat Bupati Flores Timur Doris Rihi menyebut kejadian ini tentu tidak diharapkan oleh semua pihak. Namun, sebagai birokrat atau penyelenggara pemerintahan di daerah, patut menjunjung tinggi hukum.

"Saya sangat prihatin dengan kejadian seperti ini. Semua kita tidak berharap kejadian seperti ini. Tentu kita perlu menjunjung tinggi hukum dan kita percayakan semua hukum akan berproses sebagaimana sesuai aturannya.

Terkait kekosongan yang tinggalkan, Doris mengaku hal itu sudah diatur sesuai ketentuan seperti PP 17 tahun 2017, kemudian diubah dalam PP 17 tahun 2010 dan Perpres 3 tahun 2018.

Ketentuan itu telah mengatur bahwa untuk mengisi kekosongan akan ditunjuk Penjabat setelah diajukan ke Gubernur.

Namun, sebelum ada Penjabat, maka akan diisi oleh Pelaksana Harian (Plh). Doris menyebut, mekanismenya akan diawali dengan pemberhentian sementara.

Doris mengimbau, agar semua birokrat agar tetap bekerja sesuai dengan tugas hukum dan tanggungjawab sebagaimana amanat yang diberikan negara.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved