Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT: Ikan Tongkol Suwir Balek Tomat, Bahan Kaki Lima Rasa Bintang Lima, Lezat Bro

masakan dan makanan dari ikan, saat ini ANda bisa memanfaatkan kondisi saat harga BBM naik. Namun bagi kantong kembang kempis, beta rekomendasikan

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
TONGKOL - Ikan tongkol suwir balek tomat buatan Ferry Ndoen, enak dan lezat bro. Sialan mencoba dan menikmati berkat Tuhan, GBU 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Anda penggemar masakan dan makanan dari ikan, saat ini Anda bisa memanfaatkan kondisi saat harga BBM naik. Namun bagi kantong kembang kempis, beta rekomendasikan Anda perbanyak mengkonsumsi ikan.

Selain ikan memiliki nilai protein yang sangat tinggi dagingnya, namun sangat aman bagi Anda penderita penyakit kolestrol jika dibandingkan harus mengkomsumsi daging.

Apalagi daging sapi dimana kolestrol sangat tidak bersahabat  bagi Anda penderita penyakit kolestrol karena sakit kolestrol direkomendasikan untuk perbanyak konsumsi ikan dibanding daging sapi yang memiliki tingkat kolestrol jahat yang sangat tinggi termasuk daging kambing.

Bahkan kolestrol daging babi jauih lebih baik dibanding lemak daging sapi atau lemak daging kambing.

Karena itu, beta rekomendasikan Anda perbanyak makan ikan dimana protein dan minyak ikan sangat baik bagi kesehatan ANda.
Saat ini ikan yang murah di TPI Pasar Oeba Kelurahan Fatu Besi, Kecamatan Kota Lama Kota Kupang adalah ikan tongkol.

Anda bisa membeli ikan tongkol segar dengan harga Rp 20 ribu/empat ekor bahkan jika ANda pergi ke Pasar Oeba agak pagi atau masih sepi, Anda bisa mendapat ikan tongkol segar dengan harga Rp 5 ekor Rp 20 ribu.

Ikan tongkol segar ini saat  dibawa pulang, Anda cuci dengan air bersih lalu anda buang kepala ikan bersama ingsan dan  gergantang ikan hingga benar-benar bersih.
Hal ini dimaksud agar ikan  tidak gatal saat dimasak karena darah ikan tongkol biasanya agak banyak di bagian perut dan insang ikan.

Setelah ikan dibersihkan maka ikan dicuci lalu di masak atau direbus ikan tongkol ke dalam tacu/wajan hingga ikan menjadi matang.
Saat ikan Tongkol direbus bisa diberikan garam secukupnya bersama asam Timor. Ikan direbus hingga matang.

Ikan tongkol lalu didinginkan lalu dibuangkan tulang ikan Tongkol bagian tengah. Beta sarankan, daging ikan Tongkol yang agak kehitaman di bagian atas dekat kepala ikan agar dibuang bagi yang memiliki bakat alergi.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved