Berita Pendidikan

Ketika Mahasiswa Fakultas Sains Da Teknik Undana Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Fisika

Fakultas Sains Dan Teknik, Program Studi Fisika Undana melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat melalui materi dan prak

Editor: Ferry Ndoen
Foto Tesha
Mahasiswa prodi Fisika sedang menjelaskan tentang materi gerak jatuh bebas. 

KUPANG, POS KUPANG - Fakultas Sains Dan Teknik Undana, Program Studi Fisika Undana melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat melalui materi dan praktek Ilmu Fisika.

Sabtu, (17/9), Ketua Program Studi Fisika, Christian Louk mengatakan ada tridarma perguruan tinggi yang tugasnya mendidik, melakukan penelitian, da melakukan pengabdian kepada masyarakat.

"Memang biasanya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini kita yang pergi ke lokasi mitra. Tapi, berhubung kami ingin padupadankan dengan promosi produ, jadi kami yang mengundang mitra untuk ke kampus," ujarnya.

Christian menjelaskan mereka sengaja membuat kegiatan di satu waktu sekaligus di tempat yang sama, yaitu di prodi Fisika Undana untuk memperkenalkan prodi Fisika kepada siswa-siswi SMA.

Ia mengatakan ada empat sekolah mitra yang diundang untuk datang ke prodi Fisika untuk secara luring mengikuti Program Pengabdian Masyarakat ini.

"Ada SMAN 4 Kota Kupang, SMAN 1 Taebenu yang terletak di Baumata, Kabupaten Kupang. Selain itu ada SMA Sint Carolus, Penfui serta SMA Kristen Pandhega Jaya," jelas pria yang menggunakan kemeja merahnya tersebut.

Ketua Program Studi Fisika tersebut mengatakan ada materi yang dibawakan, diantaranya materi Mikrokontroler. Materi ini belum ada di SMA, sehingga dengan adanya materi ini pada program dapat mengenalkannya pada siswa SMA.

"Ada beberapa konsep-konsep fisika. Mungkin perlu dijelaskan lebih lanjut lagi. Kegiatan lainnya seperti bagaimana melakukan eksperimen fisika yang benar, membangun aplikasi atau software untuk simulasi fenomena-fenomena fisika," kata dia.

Target utama dalam kegiatan ini untuk membuat siswa menyukai fisika. Selain itu, target lainnya adalah mendapat input yang besar di bidang fisika. 

Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini, FST Undana dalam hal ini Prodi Fisika semakin diminati oleh siswa-siswi SMA.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved