Liga 3 El Tari Memorial Cup

El Tari Memorial Cup, Zeth Adoe Bangga Puluhan Anak Didiknya Berlaga di Kualifikasi

anak-anak dibina dengan disiplin tinggi. Oleh sebab itu, di sekolah, Zeth menempatkan diri sebagai sosok seorang pendidik

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Rosalina Woso
Istimewa
Zeth Adoe Pelatih Perserond Rote Ndao 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Zeth Adoe menyatakan rasa bangganya sebagai seorang pendidik karena sebanyak 37 anak asuhnya di Sekolah Keberbakatan Olahraga atau SKO Flobamorata Kupang kini tersebar di hampir semua klub yang berlaga di Kualifikasi Liga 3 El Tari Memorial Cup XXXI di Kabupaten Lembata.

“Ini sebuah kebanggaan sebagai seorang pelatih, coach yang mengasuh mereka selama mereka masih di bangku SMP dan naik sampai di bangku SMA. Mereka sudah membuktikan kalau sekarang hasilnya mereka mulai tuai,” kata Zeth Adoe ditemui di Stadion Gelora 99 Lembata, Jumat, 16 September 2022.

Zeth sendiri datang ke Lembata sebagai pelatih kepala tim Perserond Rote Ndao. Pada laga terakhir babak penyisihan, Desmon Nenobanis dan kawan-kawan tunduk atas tuan rumah Persebata Lembata dengan skor tipis 2-1.

Persebata Lembata mengunci posisi grup B dan lolos otomatis ke babak 16 besar. Sedangkan, Perserond Rote Ndao juga lolos ke fase gugur melalui jalur juara tiga terbaik. Di babak 16 besar, Senin, 19 September 2022, Persebata akan berjumpa PS Malaka dan Perserond Rote Ndao akan berjumpa Persewa Waingapu.

Menariknya, pada laga Persebata Lembata VS Perserond Rote Ndao, sebagian besar pemain yang merumput dari dua kesebelasan merupakan mantan anak asuh Zeth Adoe di SKO Flobamora Kupang termasuk dua pemain yang mencetak gol yakni Cesar Making (Persebata Lembata) dan Patti Sari Aukoli (Perserond Rote Ndao).

Zeth mengatakan para pemain jebolan SKO Flobamorata Kupang dididik secara disiplin sejak mereka masih belia. Mulai dari latihan pagi hari pukul 04.00-07.00 Wita dan latihan sore hari pukul 16.00-19.00 Wita.

“Mereka semua sekolah gratis, dibiayai oleh pemerintah,” katanya.

Selama di SKO Flobamorata Kupang, kata Zeth, anak-anak dibina dengan disiplin tinggi. Oleh sebab itu, di sekolah, Zeth menempatkan diri sebagai sosok seorang pendidik. Tapi di luar sekolah, para pemain memandang dia sebagai seorang bapak, seorang ayah yang membina. 

Pelatih yang baru saja membawa tim PSKK Kota Kupang juara ketiga Piala Soeratin tahun 2022 di Ende ini menjamin para pemain jebolan SKO Flobamorata Kupang punya skill di atas rata-rata. Maka tak heran, jasa mereka dipakai klub-klub yang berlaga di Lembata.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved