Politani Kupang

Prodi Tanaman Pangan dan Hortikultura Politani Kupang Latih Petani Desa Raknamo Buat Pupuk Organik 

pupuk organik selain membuat tanaman semakin subur juga meningkatkan unsur hara dalam tanah semakin berlipat ganda. 

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
KEGIATAN - Kegiatan prodi Tanaman Pangan Dan Hortikultura Politani Kupang bersama petani poktan Adika Raknamo. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Masyarakat di Desa Raknamo khususnya Kelompok Tani Adika secara khusus mendapat ilmu baru membuat pupuk organik cair dan padat. 

Ilmu tersebut dibagikan secara gratis oleh prodi Prodi Tanaman Pangan Dan Hortikultura Politani Kupang melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan Penerapan Iptek bagi Masyarakat, Jumat 16 September 2022. 

Transfer ilmu ini berangkat dari keprihatinan Politani melihat masyarakat desa Raknamo yang kini selalu menggunakan pestisida buatan dan pupuk kimia dalam kegiatan pertanian mereka. 

Baca juga: Kelompok Wanita Tani Damai Terbentuk di Desa Raknamo, Politani Kupang Beri Pendampingan

Ketua Prodi Tanaman Pangan Dan Hortikultura Olivina Sofia Messakh mengungkapkan penggunaan pupuk kimia dan pestisida buatan mengakibatkan unsur hara asli dalam tanah hilang dan hanya bergantung pada intervensi pestisida dan pupuk kimia. 

Namun bila menggunakan Pupuk organik selain membuat tanaman semakin subur juga meningkatkan unsur hara dalam tanah semakin berlipat ganda. 

"Kita lihat saja, kalau pakai pupuk kimia tanah kalau tidak diolah keras sekali, tapi kalau pakai pupuk organik yang kami ajar ini tanahnya akan lembut," ungkapnya. 

Pembuatan pupuk organik kali ini mereka menggunakan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar seperti daun gamal, batang pisang, dedak padi, dan bahan alami lain yang selalu tersedia. 

Setelah itu bahan yang sudah tersedia dipilah kemudian dicampurkan dalam satu wadah lalu dicampur lagi dengan mikroorganisme atau bakteri yanh biasa dipakai membuat pupuk organik. 

Baca juga: Poktan Fajar Baru Dapat Ilmu Manajemen Pertanian Lahan Kering Dari Politani Kupang

Dengan pemanfaatan mikroorganisme tanah yang dapat digunakan sebagai pupuk organik sangat berguna  sebagai penyubur tanah dengan menyediakan unsur hara bagi tanaman. Tidak hanya itu, dapat pula menstimulasi sistim perakaran agar berkembang sempurna. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved