Politani Kupang

Penggunaan Rhizobakteria Pemacu Tumbuh Tanam Banyak Manfaat Bagi Petani

RPTT adalah kelompok bakteri menguntungkan yang mengkolonisasi rizosfir (lapisan tanah tipis antara 1-2 mm disekitar zona perakaran).

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK ISTIMEWA
TANAM - Kegiatan prodi TIH Politani bersama kelompok tani Exodus memproduksi Rhizobakteria dan menanam kacamg Inerie. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Dunia pertanian kini semakin modern dengan banyak teknologi yang bisa diaplikasikan masyarakat pada lahan pertanian mereka.

Salah satu dosen di Politani Kupang, Dr. Laurensius Lehar  yang juga pengasuh mata kuliah Perlindungan Tanaman Hortikultura mengatakan bahawa Penggunaan rhizobakteria pemacu tumbuh tanaman  (RPTT) sanhat dianjurkan bagi petani karena multifungsi.

"Penggunaan RPTT ini angat disaran karena muda diperoleh di alam bebas, serta biayanya sangat murah,"ungkap Dr. Laurens Kamis 15 September 2022.

Baca juga: Kampus Politani Kupang Terima Kunker Menteri Pertanian dan Kelautan Timor-Leste

Bagi dia penggunaan RPTT berkontribusi pada tanaman diantaranya dapat menekan penyakit tanaman, dapat memproduksi fitohormon (hormon tumbuh) yang menyebabkan tanaman menghasilkan akar rambut dalam jumlah yang lebih besar.

Dengan demikian bisa meningkatkan permukaan absortif akar untuk menyerap unsur hara. RPTT juga menghambat produksi etylen zat yang menyebabkan tanaman cepat tua dan mati.

"Singkatnya RPPT sangat diancurkan untuk Kelompopk tani, karena bersifat multi fungsi," tambahnya.

Manfaat RPTT ini sudah pernah dia sosialisasikan kepada kelompkk Tani Exodus pada 10 Septenber lalu saat kegiatan pengabdian masyarakat dosen Politani di desa Raknamo.

RPTT adalah kelompok bakteri menguntungkan yang mengkolonisasi rizosfir (lapisan tanah tipis antara 1-2 mm disekitar zona perakaran).

Baca juga: Poktan Fajar Baru Dapat Ilmu Manajemen Pertanian Lahan Kering Dari Politani Kupang

Aktivitas RPTT berpengaruh secara positif bagi pertumbuhan tanaman, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Dalam istilah bahasa Ingris, RPTT dikenal dengan istilah PGPR atau (bakteri pemacu pertumbuhan tanaman).

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved