Berita Kota Kupang

Motivasi Tenaga dan Peserta Didik, Kementan Kunjungi SMK PP Kupang

prioritas utama pembangunan pertanian, tiada lain karena SDM merupakan penggerak pembangunan pertanian.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK ISTIMEWA
FOTO BERSAMA - Kapusdiktan Idha Widi Arsanti, didampingi oleh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Industri, Bidang Sarana Prasarana, dan Bidang Kesiswaan berkeliling lingkungan sekolah terkait bantuan yang diberikan oleh LMSINDO, Nuffic, Belanda di SMK PPN Kupang, Jumat 16 September 2022 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus bergerak demi mendukung tercapainya pembangunan pertanian yang maju, mandiri modern melalui generasi milenial yang menjadi ujung tombak keberhasilan.

Dalam hal ini peserta didik merupakan petani milenial muda yang kemampuannya dianggap mampu dalam berinovasi terutama di bidang pertanian. Namun, dibalik peserta didik yang hebat tentu saja terdapat guru yang berjasa.

Mendukung penyataan di atas, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo atau SYL menyampaikan pembangunan sumberdaya Manusia (SDM) Pertanian adalah prioritas utama pembangunan pertanian, tiada lain karena SDM merupakan penggerak pembangunan pertanian.

Baca juga: Cetak Qualified Job Seeker dan Job Creator, Kementan Selaraskan Kurikulum Dengan DuDi

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan Kementan bertarget untuk terus menumbuhkan petani milenial yang memiliki kualitas dan berdaya saing sehingga mampu menjadi job creator dan job seeker, sesuai dengan visi SMK PPN Kupang.

Dalam kunjungan di SMK PPN Kupang, Jumat 16 September 2022, Kapusdiktan Idha Widi Arsanti, didampingi oleh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Industri, Bidang Sarana Prasarana, dan Bidang Kesiswaan berkeliling lingkungan sekolah terkait bantuan yang diberikan oleh LMSINDO, Nuffic, Belanda.

Bantuan tersebut diantaranya pembangunan Outlet SUPER, mesin pengepak jerami dan renovasi kandang sapi. Seperti yang telah diketahui bahwa SMK PP Negeri Kupang adalah salah satu pihak yang menerima bantuan dari Pemerintah Belanda.

Kapusdiktan menyampaikan bahwa SMK PPN Kupang beruntung karena telah menerima bantuan LMSINDO dan telah mengaplikasikan bantuan tersebut dengan sangat baik, termasuk pelatihan yang diadakan oleh LMSINDO guna meningkatkan kapasitas guru dalam mendukung pembelajaran di kelas.

Baca juga: Tani Akur, Kementan Ajak Petani Millenial Manfaatkan KUR

“Saya harapkan setelah para guru mengikuti pelatihan, peserta didik menjadi lebih mudah memahami suatu substansi atau materi pelajaran dengan adanya metode yang cocok seperti Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL)",tegasnya.

Beliaupun menyampaikan untuk tidak lupa membuat flyer bilingual (English and Indonesian Version) yang berisi penjelasan kebermanfaatan dari bantuan LMSINDO.

“Saya rasa mereka akan bangga jika apa yang sudah diberikan kepada kita dapat bermanfaat dan tidak menutup kemungkinan kedepannya ada peluang untuk adanya bantuan kembali.

Akhir kata Kapusdiktan berpesan kepada seluruh guru agar jangan lelah belajar dan yang terpenting mampu menguasai Bahasa inggris sehingga bisa memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi ke luar negeri demi meningkatkan kualitas SDM pertanian, khususnya di dalam BPPSDMP. (*/ Luluk Juan)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved