Berita Maumere

Tiga Petani di Sikka Terima Bonus Premium Sertifikasi dari PT Cargil Indonesia

Tiga petani tulen di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat apresiasi berupa uang tunai jutaan rupiah dari PT Cargil Cocoa

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/PAUL KEBELEN
TERIMA PENGHARGAAN - Tiga petani di Sikka mendapat penghargaan dari PT Cargil Cocoa Chocolate Indonesia di Gudang CMA 69 Kelurahan Nangalimang, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Rabu 14 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM.COM, Nofri Fuka

POS-KUPANG.COM.COM, MAUMERE - Tiga petani tulen di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat apresiasi berupa uang tunai jutaan rupiah dari PT Cargil Cocoa Chocolate Indonesia, Rabu 14 September 2022.

Mereka bernama, Bernadus Lama mendapat  Rp 1.789.000, Yakobus Jawa mendapat Rp 1.650.000, dan Andreas Hein sebesar Rp 1.626.000.

Ketiganya dinobatkan sebagai petani teladan karena mengembangkan tanaman kakao yang ramah lingkungan dan lokasinya tidak berada di kawasan hutan lindung.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan PT Cargil Cocoa Chocolate, Samuel Erikson di Gudang CMA 69, Kelurahan Nangalimang, Kecamatan Alok.

Erikson mengatakan, penghargaan itu bagian dari program Bonus Premium Sertifikasi Rainforest Aliance dari perusahaan dengan menyasar sejumlah petani di Indonesia yang dianggap cakap dalam mengembangkan uahanya.

"Penghargaan ini bentuk apresiasi PT Cargil kepada petani yang tergabung dalam program bonus sertifikasi. Kriteria penilaian yaitu berkebun kakao yang baik, tidak membuang sampah di aliran sungai, tidak berada di hutan lindung, dan masih ada beberapa kriteria lanjutan," ujarnya 

Selain mengapresiasi, lanjut dia, penyerahan uang tunai dapat merangsang semangat para petani di Sikka agar terus mengembangkan tanaman khususnya kakao.

"Kita harapkan agar mereka lebih semangat dan sukses mengembangkan usahanya," jelasnya.

Bernadus Lama, satu diantara tiga petani teladan itu mengaku gembira karena selama ini banyak petani tidak pernah mendapat apresiasi dari pihak manapun.

"Saya dan dua teman yang dapat penghargaan tentu senang. Mudah-mudahan ada penghargaan berikutnya," ujarnya sambil tersenyum.

Menurut dia, hadiah yang diterimanya hari ini merupakan kesempatan membuka jalan bagi para petani Sikka untuk terus mengembangkan usaha tani demi meningkatkan kualitas hidup.

"Saya berharap, semoga semua petani di Sikka semakin semangat bekerja," harap pria 50-an tanun itu.

Bernadus juga mengucapkan terima kasih kepada PT Cargil Cocoa Chocolate Indonesia yang sejak beberapa tahun terakhir selalu membantu petani bukan hanya di Sikka tetapi seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, kegiatan itu dihadiri Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Sikka, serta Kepala BRI Cabang Maumere. (Cr1) 

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Baca juga: Kuliner Khas NTT: Kue Perut Ayam Kuliner Khas NTT yang Memanjakan Lidah Dengan Kenangan Masa Kecil

PT Cargil Cocoa Chocolate Indonesia
TERIMA PENGHARGAAN - Tiga petani di Sikka mendapat penghargaan dari PT Cargil Cocoa Chocolate Indonesia di Gudang CMA 69 Kelurahan Nangalimang, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Rabu 14 September 2022.
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved