Berita Kota Kupang

Satpol PP Kota Gelar Operasi Penertiban Pedagang di Pasar Penfui

Penertiban ini dilakukan guna menyadarkan pedagang untuk menjaga kebersihan serta kerapian di area pasar, guna memberikan kemudahan akses jalan

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-
PENERTIBAN - Kasat Pol PP Kota Kupang, Rudi Abubakar memimpin penertiban pedagang di Pasar Penfui, Kamis 15 September 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS - KUPANG.COM, KUPANG -- Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kota Kupang melakukan penertiban terhadap sejumlah pedagang di Pasar Penfui.

Penertiban ini dilakukan guna menyadarkan pedagang untuk menjaga kebersihan serta kerapian di area pasar, guna memberikan kemudahan akses jalan di pasar tersebut.

Hal ini disampaikan Kasat Pol PP Kota Kupang, Rudi Abubakar S.H M.Si, Kamis 15 September 2022.

Menurut Rudi, penertiban kawasan pasar sebenarnya  bukan saja di Pasar Penfui, tetapi dilakukan di semua pasar yang ada di wilayah Kota Kupang.

"Kita Sat Pol PP dan PD Pasar sudah mengimbau kepada para pedagang di pasar-pasar yang ada di Kota Kupang, termasuk Pasar Penfui, agar pedagang bisa menjaga kebersihan dan kerapian dalam pasar. Khusus di Pasar Penfui itu sudah dua minggu kita imbau, namun tidak diindahkan,maka kami turun langsung untuk tertibkan," kata Rudi.

Baca juga: Satpol PP Kota Kupang Bakal Tindak OPD yang Bikin Pesta dan Kerumunan Tanpa Prokes

Mantan Camat Kota Raja ini menjelaskan, penertiban itu dilakukan agar pedagang tidak meletakkan lapak atau pun jualan di ruas jalan atau badan jalan di dalam pasar setempat.

"Ini bertujuan agar ada akses jalan masuk keluar pasar yang layak. Saya contohkan, jika badan jalan dipakai berjualan, maka ketika ada kasus kebakaran atau ada yang sakit, maka akses jalan terhambat, bagi kendaraan ambulance maupun bagi mobil pemadam kebakaran," katanya.

Karena itu, lanjutnya, perlu ditertibkan agar pedagang tidak menggunakan badan jalan untuk berjuang atau menyimpan barang dagangan mereka.

"Pak penjabat wali Kota juga sudah perintahkan agar pasar itu harus rapi, bersih dan tertib serta harus nyaman. Karena itu, tadi kami dari Satpol PP dan PD Pasar sudah ambil tindakan di Pasar Penfui," ujarnya.

Rudi mengatakan, sebelum mengambil tindakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PD Pasar agar menyiapkan tempat bagi pedagang sehingga ketika ditertibkan langsung diarahkan ke lokasi yang telah disediakan PD Pasar.

Baca juga: Ormas Garuda Desak Polisi Usut Tuntas Aksi Premanisme Satpol PP Kota Kupang

Terkait alasan, mengapa pedagang lebih suka menjual di luar pasar atau di badan jalan, Rudi mengakui, pedagang beralasan bahwa ketika mereka berjualan di dalam tidak laku atau laris sehingga mereka berjualan di luar. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved