Berita Rote Ndao

Gali Potensi, Petugas KP2KP Ba'a Gelar KPDL, Door to Door Pelaku Usaha

Tata Cara Kegiatan Pengumpulan Data Lapangan dan Penjaminan Kualitas Data dalam rangka Perluasan Basis Data. 

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/MARIO GIOVANI TETI
KPDL - Kedua Petugas dari KP2KP Ba'a, Citra Priscilia Here Mangi dan Arnalda Janssencia Lopes melaksanakan Kegiatan Pengumpulan Data Lapangan (KPDL) di Toko Parman Elektronik  milik Suparman di Kelurahan Metina, Rote Ndao. Rabu, 14 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, BA'A - Dalam rangka perluasan basis data, petugas Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Ba'a melakukan kunjungan kepada sejumlah pelaku usaha di Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Rabu, 14 September 2022. 

Adapun kunjungan yang dilakukan berkaitan dengan Kegiatan Pengumpulan Data Lapangan (KPDL).

Pantauan POS-KUPANG.COM, Rabu, 14 September 2022, KPDL ini dilakukan oleh kedua Petugas dari KP2KP Ba'a.  Keduanya adalah, Citra Priscilia Here Mangi dan Arnalda Janssencia Lopes.

Baca juga: Hari Ini Kontingen Pesparani St. Kristoforus Baa Kabupaten Rote Ndao Tiba di Kupang

Kunjungan pertama yakni toko milik Suparman yang bernama Parman Elektronik, berlokasi di Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

"KPDL adalah kegiatan yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk mengumpulkan data dan informasi pada lokasi tempat tinggal atau kedudukan dan/atau tempat kegiatan usaha Wajib Pajak," ungkap Plt. Kepala KP2KP Ba'a, Moh Rasyid Ridho.

Masih menurutnya, pelaksanaan KPDL diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak nomor SE-11/PJ/2020 tentang Tata Cara Kegiatan Pengumpulan Data Lapangan dan Penjaminan Kualitas Data dalam rangka Perluasan Basis Data. 

"Saat berkunjung ke pelaku usaha, metode yang petugas gunakan untuk mengumpulkan informasi yakni pengamatan, wawancara, tagging, serta pengambilan gambar lokasi," cetusnya.

Selama wawancara, kata Ridho, petugas menanyakan data-data seperti identitas, alur kerja, serta estimasi omset dan biaya usaha. 

Baca juga: Agen Laku Pandai Be Ju Bisa Diresmikan, Bank NTT KC Rote Ndao Dapat Pujian dari Dirut Alex

"Wajib Pajak tidak perlu merasa khawatir atau terintimidasi sebab kegiatan ini merupakan aktivitas rutin kantor pajak," pungkas Plt. Kepala KP2KP Ba'a, Moh Rasyid Ridho. 

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, KP2KP Ba'a dapat menambah Wajib Pajak baru, memperbarui basis data, menggali potensi, serta meningkatkan kemampuan penguasaan wilayahnya.

"KP2KP Baa akan terus menggencarkan KPDL selama bulan September," kata Ridho. 

Dirinya mengharapkan, data-data yang dikumpulkan kiranya relevan sehingga mempermudah komunikasi antara fiskus KPP Pratama Kupang dengan Wajib Pajak di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Sementara itu, dalam penjelasan senada dari kedua Petugas KP2KP Ba'a yang melakukan KPDL yakni Citra Priscilia Here Mangi dan Arnalda Janssencia Lopes menyampaikan, ada 4 lokasi kunjungan yang digencarkan hari ini.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved