Berita NTT

Bank Kalsel Kunjungi Bank NTT, Ini Harapan Bagi Masyarakat

Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan  atau BPD Kalsel mengunjungi Bank NTT dan diharapkan bisa

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ASTI DHEMA
BANK - Audiens dan Diskusi Antara Bank Kalsel dan Bank NTT Tentang Pengembangan Produk dan Layanan Berbasis Digital Bank NTT yang dilaksanakan di lantai 5 Bank NTT kantor pusat pada Kamis, 15 September 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Asti Dhema

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan atau BPD Kalsel mengunjungi Bank NTT dan diharapkan bisa memberikan layanan digital bagi masyarakat.

Bank Kalsel diwakili Direktur Operasional, Ahmad Fatrya Putra, Kadiv Dana & Digital Banking, Hambali, Kadiv IT, Rudy Fahrurazi, Kabag Digital Banking, Putri Maya Sari sertaAnalis bagian pengembangan IT, Haris Prasetyo serta Staf bagian Digital Banking, Ubaidillah Alkaff.
 
Audiens dan Diskusi Antara Bank Kalsel dan Bank NTT Tentang Pengembangan Produk dan Layanan Berbasis Digital Bank NTT yang dilaksanakan pada 15 - 16 September 2022 ini sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan User Group Discussion Penerapan Digitalisasi BPD yang sebelumnya diselenggarakan oleh PT Fortress Data Services (FDS).

Pertemuan ini dimulai Kamis (15/9/2022) di lantai 5 Bank NTT kantor pusat. Bank NTT dan Bank Kalsel akan berkolaborasi melakukan percepatan layanan digitalisasi.

Agenda yang dibahas antara lain pengembangan produk berbasis digital seperti Smart Branch System (SBS), Smart EDC, Laku Pandai, lalu pembahasan administrasi perizinan ke pihak otoritas dan penyusunan SOP. 

Direktur Operasional Bank Kalsel, Ahmad Fatrya Putra menyebut Bank Kalsel mengadaptasi dan bersinergi dengan Bank NTT sebagai upaya mempermudah transaksi bagi nasabah secara digital dan mendukung ekonomi masyarakat.

"Nasabah dapat menikmati layanan yang cepat dan tepat," ungkapnya.

Dia menerangkan, adaptasi digital ini antara lain adalah transformasi SBS, Smart EDC, juga akuisisi Laku Pandai yang dilakukan karena selama ini dinilainya masih belum optimal pengelolaan transaksi keuangan daerah secara digital dan non tunai, khususnya penerimaan daerah yaitu pajak dan retribusi. 

"Untuk layanan digital seperti QRIS dan Laku Pandai dalam proses perizinan," ujar Ahmad.

Sementara transformasi digital dengan SBS saat ini hanya satu cabang milik Bank Kalsel dan diharapkan adaptasi dengan Bank NTT ini akan dapat memaksimalkan pengelolaan keuangan dalam penerimaan pajak dan retribusi.

Diharapkan Ahmad, transformasi layanan konvensional ke digitalisasi secara penuh di Bank Kalsel tidak sebatas SBS tetapi juga jenis layanan digital lainnya ke depan.

Baca juga: Setelah Sumbang 1 Unit Mesin Peniris Minyak, Kadin dan Bank NTT Nyebrang ke Pulau Pantar Kota Kabir

"Dengan ini mudah-mudahan dapat memberikan hal positif bagi Bank Kalsel tentunya dalam sinergitas dengan Bank NTT," ungkapnya. 

Bank NTT sendiri berbangga dengan sinergitas bersama Bank Kalsel yang juga dapat saling bertemu secara langsung di NTT.

"Karena kita tahu bersama bahwa Bank NTT hingga dengan saat ini terus berinovasi, bertransformasi dalam hal digitalisasi," ujar Direktur Dana dan Treasury, Johanis Umbu Praing. 

Disampaikannya, pada kantor cabang utama dan kantor cabang khusus milik Bank NTT sendiri telah menerapkan SBS dan juga melayani kredit konsumsi dan mikro. 

"Bukan hanya itu saja tetapi ada perkembangan dengan agen Laku Pandai, EDC dan lainnya," tandasnya.

Kemudian peningkatan ini dilakukan dalam mencapai pelayanan yang murah, mudah dan aman. Dirinya melanjutkan, inovasi ini merupakan tindak lanjut dari keinginan nasabah Bank NTT sendiri terkait transaksi mudah secara digital.

 Diharapkan Bank Kalsel dengan kolaborasi dan sinergi dengan Bank NTT seperti ini dapat memberikan layanan digital yang baik bagi nasabah.(cr16)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

BANK - Audiens dan Diskusi Antara Bank Kalsel dan Bank NTT Tentang Pengembangan Produk dan Layanan Berbasis Digital Bank NTT yang dilaksanakan di lantai 5 Bank NTT kantor pusat pada Kamis, 15 September 2022
BANK - Audiens dan Diskusi Antara Bank Kalsel dan Bank NTT Tentang Pengembangan Produk dan Layanan Berbasis Digital Bank NTT yang dilaksanakan di lantai 5 Bank NTT kantor pusat pada Kamis, 15 September 2022 (POS-KUPANG.COM/ASTI DHEMA)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved