Berita Sumba Barat

Kades Tanah Rara Sumba Barat, Akui Baru 300-an KK Terima Layanan Air Bersih

Benyamin Bili Raingu menyampaikan terima kasih kepada lembaga Save the Children yang telah memfasilitasi membangun air bersih di desanya

Penulis: Petrus Piter | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
PANTAU SUMBER AIR- Kepala Desa Tanah Rara, Sumba Barat, Benyamin Bili Raingu mendampingi lembaga Save the children Indonesia bersama sejumlah jurnalis berkunjung ke mata air Weerinu di belakang  kantor Desa Tanah Rara untuk memantau langsung kondisi terkini sumber  mata tersebut pasca beroperasi 9 Desember 2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu 14 September 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK- Semenjak beroperasinya pelayanan air bersih pasca selesai pembangunan air bersih  oleh lembaga Save the Children Indonesia bersama warga Desa Tanah Rara, Kecamatan Loli, Sumba Barat pada bulan Nopember  2021  sampai saat ini baru mampu melayani 300-an kepala keluarga dari 400-an keluarga atau total penduduk 2.731 jiawa.  

Para kepala keluarga tersebut tersebar di tiga dusun dari empat dusun yang ada di wilayah Desa Tanah Rara.

Demikian diungkapkan Kepala Desa Tanah Rara, Benyamin Bili Raingu dihadapan tim Save the Children yang mendatangi Kantor Desa Tanah Rara, Rabu 14 Februari 2022.

Saat itu Benyamin Bili Raingu menyampaikan terima kasih kepada lembaga Save the Children yang telah memfasilitasi membangun air bersih di desanya.

Baca juga: Save the Children Hadirkan Pelajar di Sumba Tengah Mengikuti Lomba Pidato dan Infografis

 Saat ini masyarakat sudah merasakan manfaatnya. Air bersih tersedia di halaman depan rumah. Tidak lagi berjalan kaki sejauh kurang lebih 1-2 Kilometer bahkan lebih untuk mengambil air bersih.

Saat ini pelayanan air bersih sudah menjangkau 300 KK - 400 KK  yang tersebar di 3 dusun dari 4 dusun wilayah Sumba  Barat.

Selain itu, sudah melayani pula dua sekolah dasar dan Puskesmas Tanah Rara.

Karenanya ia berharap dukungan teknis lembaga Save the Children Indnesia membuat perencanaan termasuk estimasi anggaran menambah perluasan jaringan perpipaan menjangkau pelayanan hingga dusun IV dan sebuah SMP.

Baca juga: Save The Children Ajak Masyarakat Sumba Jangan Menyusahkan Anak

Dengan demikian desa dapat menangkomodir anggaran perluasan jaringan perpipaan pada perencanaan anggaran Desa Tanah Rara mendatang.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved