Berita Manggarai Timur

Heremias Dupa Daftar Cawabup Manggarai Timur Sisa Jabatan 2019-2024

Adapun kursi Wabup Matim saat ini lowong, setelah Wabup Matim Jaghur Stefanus meninggal dunia pada mulan Maret 2022 lalu karena sakit

Penulis: Robert Ropo | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
SERAHKAN BERKAS- Heremias Dupa sedang menyerahkan berkas pencalonan Wakil Bupati Manggarai Timur periode 2019-2024. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG- Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Heremias Dupa, resmi mendaftarkan diri untuk menjadi Calon Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur (Matim) Sisa Masa Jabatan 2019-2024, Senin 12 September 2022.

Adapun kursi Wabup Matim saat ini lowong, setelah Wabup Matim Jaghur Stefanus meninggal dunia pada mulan Maret 2022 lalu karena sakit.

Karena itu secara regulasi pengisian kekosongan jabatan Wabup bisa dilakukan, jika sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan. 

Sedangkan dengan meninggalnya Alm Jaghur Stefanus masih terhitung 23 bulan atau hampir 2 tahun sejak dilantiknya paket Agas Andreas-Jaghur Stefanus (ASET) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Matim periode 2019-2024 pada 14 Febuari 2019 lalu. 

Pantauan Pos Kupang, terlihat Heremias didampingi Istri, para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Keluarga dan simpatisan dari 12 Kecamatan dengan menggunakan belasan mobil tiba di Gedung DPRD Kabupaten Manggarai Timur di Lehong, pada pukul 10.00 Wita.

Selanjutnya Heremias bersama perwakilan Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Keluarga dan simpatisan dipersilahkan masuk ke Ruangan Komisi A dan diterima langsung oleh Ketua Panitia Pemilihan Wabup Sisa Masa Jabatan 2019-2024 Bernadus Nuel didampingi Wakil Ketua Damu Damianus bersama para anggota. 

Turut hadir juga sejumlah anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Para Pegawai Sekertariat DPRD, Kabag Hukum dan Kabag Prokopim Setda Manggarai Timur. 

Selanjutnya Heremias didampingi Istri, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan keluarga menyerahkan berkas pendaftaran dan diterima langsung oleh Ketua Panitia Bernadus Nuel. Kemudian berkas itu diserahkan kepada Tim Verifikasi Berkas/Tim III untuk melakukan Verifikasi. 

Dalam verikasi yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Tarsan Talus, ditemukan ada kekurangan foto warna 1 lembar 4x6, foto hitam putih 4 lembar dan soft copy. 

Ketua Panitia Pemilihan Wakil Bupati Sisa Masa Jabatan 2019-2024, Bernadus Nuel, dalam kesempatan itu menyampaikan selamat datang dan selamat mendaftar sebagai Calon Wabup bagi Bakal Calon Heremias Dupa bersama rombongan.

Pendaftaran ini dilakukan karena Jabatan Wabup selebumnya Jaghur Stefanus telah meninggal dunia 30 Maret 2022.

Karena itu, sesuai amanat Undang-undang kekosongan jabatan Wabup tersebut perlu diisi. Karena itu proses pemilihan Wabup ini mulai dimana pendaftaran calon selama 3 hari mulai dari tanggal 11-13 September 2022 hari ini dan rencana pemilihan yang dilakukan oleh DPRD akan berlangsung pada tanggal 27 September 2022.

Dikatakan Bernadus, panitia saat penerimaan hanya memeriksa semua berkas calon terkait ada atau tidak ada, bukan isinya sah atau tidak sah.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved