Berita Sumba Timur

Golongan Listrik 450 VA Dihapus, Begini Keterangan PLN UP3 Sumba 

Dengan jatah listrik orang miskin ditambah menjadi minimal 900 VA, maka golongan daya listrik 450 VA dihapus. Dengan begitu permintaan terhadap listri

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kepala PLN UP3 Sumba, Blasius Gani 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Daya listrik untuk pelanggan yang mendapatkan subsidi akan dinaikan oleh pemerintah. 

Pemerintah dan Badan Anggaran Banggar DPR RI telah menyepakati untuk menaikkan daya untuk pelanggan listrik subsidi dari daya 450 volt ampere (VA) menjadi 900 VA dan 900 VA menjadi 1.200 VA.

Ketua Banggar Said Abdullah saat rapat Panja dengan Kementerian Keuangan tentang RUU APBN 2023 pada Senin 12 September 2022, menyebutkan sesuai Pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri ESDM Nomor 29 Tahun 2016, subsidi tarif listrik untuk rumah tangga dilaksanakan melalui PLN dan diberikan kepada pelanggan rumah tangga dengan daya daya listrik 450 VA dan 900 VA masyarakat prasejahtera yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dengan jatah listrik orang miskin ditambah menjadi minimal 900 VA, maka golongan daya listrik 450 VA dihapus. Dengan begitu permintaan terhadap listrik naik dan oversupply bisa berkurang.

Baca juga: Ini Tarif Baru Angkutan Umum di Wilayah Kota Kupang

Kepala PLN UP3 Sumba, Blasius Gani yang diminta tanggapannya mengaku belum mendapatkan pemberitaan secara teknis dari PLN Persero pusat. Meski demikian, ia mengaku, kebijakan tersebut membawa efisiensi dan keuntungan bagi penggunaan listrik. 

Pasalnya, kata dia, dengan kenaikan daya tersebut maka pemakaian listrik akan lebih maksimal dengan tarif yang sama. 

"Secara daya memang 450 VA itu terlalu kecil. Tarif sama tetap sama jadi mending yang 900 VA. Lebih maksimal pemakaian sementara tarif sama, jadi kan ada efisiensi," ujar Blasius Gani saat dihubungi POS-KUPANG.COM, Senin malam. 

"Kita belum ada informasi resmi dari pusat. Tapi kalau pemerintah sudah tetapkan pasti kami ikut. Secara teknis sampai saat ini belum," pungkas dia. (Ian) 

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Kepala PLN UP3 Sumba, Blasius Gani
Kepala PLN UP3 Sumba, Blasius Gani (POS-KUPANG.COM/RYAN NONG)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved