Berita Manggarai Barat

Bupati Manggarai Barat Edi Endi Minta Pengelolaan Destinasi Batu Cermin Dikelola Pemda

Bupati Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi meminta pengelolaan aset destinasi wisata Goa Batu Cermin dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabup

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
BUPATI - Bupati Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi saat diwawancarai, Senin 12 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi meminta pengelolaan aset destinasi wisata Goa Batu Cermin dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Barat.

Terkait hal tersebut, Bupati Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi telah meminta agar pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuat penyerahan aset sementara kepada Pemda.

Sebelumnya ia juga telah bertemu dengan anggota komisi X DPR RI yang membidangi pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menyampaikan hal tersebut.

"Tempat itu (Goa batu cermin, red) sudah dibangun sayang kalau tidak dimanfaatkan, " kata Bupati Endi kepada Pos Kupang usai mengikuti rapat Paripurna bersama DPRD, Senin 12 September 2022.

Bupati Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan, Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno juga telah menindaklanjuti permintaan dari Pemda.

Karena itu, diharapkan dalam waktu dekat segera ada keputusan dari pemerintah pusat terkait pengelolaan destinasi wisata yang berlokasi di Desa Batu Cermin Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat itu.

"Pak Menteri Sandi sudah tindaklanjuti, mudah-mudahan dalam waktu dekat segera dilakukan rapat dengan kementrian terkait dalam hal ini Kementrian PUPR, Kementrian Keuangan, dan Kementrian Dalam Negeri untuk segera menyelesaikan proses administrasi agar aset ini tidak tercatat lagi di pemerintah pusat tetapi diserahkan ke Pemda, " jelas Bupati Endi.

Bupati memastikan, nantinya destinasi wisata Goa Batu Cermin akan dikelola secara profesional oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), apabila pemerintah pusat mempercayakan pengelolaan aset tersebut kepeda Pemda.

"Kita pastikan tempat wisata Goa Batu Cermin akan dikelola oleh pihak profesional termasuk di dalamnya BUMD Bidadari, " pungkasnya.

Menanggapi permintaan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Menteri Parekraf Sandiga Uno menyatakan, siap untuk melakukan penyerahan sementara.

"Siap, silahkan Pak Henky diatur permintaan Pak Bupati, agar kita bisa membantu masyarakat dan kita lakukan dalam tempo sesingkat-singkatnya dan juga secara simbolis," ujar Menteri Sandiaga saat mengikuti acara Deputi Bidang Industri dan investasi Kemenparekraf secara virtual beberapa waktu lalu.

Menteri Sandiaga juga meminta agar masyarakat dapat menjaga fasilitas yang ada di Goa Batu Cermin ketika nantinya sudah dibuka kembali untuk umum.

"Kita berikan semangat agar masyarakat kita edukasi ketika sudah dioperasikan kembali untuk menjaga fasilitas jangan sampai rusak," pintanya

Selain itu Menteri Sandiaga menyebut, Goa Batu Cermin memiliki potensi dan daya tarik wisata yang besar selain Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

"Luar biasa karena batu cermin itu memiliki potensi luar biasa dan daya tarik wisata selain Pulau Padar, Pulau Rinca dan kawasan Taman Nasional Komodo," tutupnya. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

GOA - Goa Batu Cermin. Wisata Darat Labuan Bajo yang Sayang untuk Dilewatkan Begitu Saja, Ada Goa Batu Cermin yang Unik di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat.
GOA - Goa Batu Cermin. Wisata Darat Labuan Bajo yang Sayang untuk Dilewatkan Begitu Saja, Ada Goa Batu Cermin yang Unik di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. (TRIBUNNEWS.COM)

 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved