Liga 3 El Tari Memorial Cup

Riko Malaikosa: Bermain Sepak Bola Untuk Memuliakan Nama Tuhan

sepak bola sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Pada tahun 2017, Bali United membuka akademi sepak bola di Kupang. Richo tak

Editor: Ferry Ndoen
Foto/Ricko Wawo
PEMAIN - Riko Malaikosa Bermain Sepak Bola Untuk Memuliakan Nama Tuhan 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, RICKO WAWO

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Leoricho Musa Malaikosa (22) memang tak mampu membawa timnya Kristal FC memenangkan laga perdana melawan PSN Ngada, Senin, 12 September 2022.

Tapi, penampilan eks punggawa Sulut United ini jadi pembeda di posisi bek kiri. Richo mampu bermain tenang dan bisa memotivasi rekannya supaya bisa bangkit dari ketertinggalan. 

Nama Richo Malaikosa mulai mencuat di belantika sepak bola NTT setelah direkrut oleh tim Liga 2 Sulut United pada musim 2021. Setelah merumput bersama tim asal Sulawesi tersebut, pemain kelahiran Alor ini kemudian pulang ke Kupang. Ibunya Adferida Nanggula rupanya tak bisa jauh dari Richo karena terlalu rindu dengan buah hatinya itu. 

"Mama suruh balik. Waktu itu saya sementara pemusatan latihan di Ricky Nelson Academi. Dua minggu mau kontrak, saya pulang," kata bungsu dari tiga bersaudara itu ditemui di Stadion Gelora 99, Senin, 12 September 2022.

Richo Malaikosa mulai bermain sepak bola sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Pada tahun 2017, Bali United membuka akademi sepak bola di Kupang. Richo tak membuang kesempatan untuk bergabung di akademi tersebut. 

Baca juga: Kualifikasi Liga 3 El Tari Memorial Cup Bawa Rejeki Untuk Para Pedagang dan Pelaku UMKM

Saat itu, pemain yang baru pertama kali tampil di Liga 3 El Tari Memorial Cup ini sempat kesulitan biaya bulanan akademi. Dia pun harus putar otak dengan cara meminta uang dari ibunya dengan alasan ingin berlatih renang. Setelah 3 bulan, Richo pun dapat beasiswa berlatih di akademi secara gratis. 

"Saya bermain supaya orang orang melihat bahwa sepak bola bukan hanya untuk menyenangkan hati manusia saja tapi juga menyenangkan Tuhan, memuliakan nama Tuhan," kata dia. 

Alumnus SMK Negeri 2 Kupang ini ingin mengembangkan talenta yang Tuhan berikan kepadanya. Bagi dia, banyak orang yang punya talenta yang bagus tapi tidak dimanfaatkan secara baik untuk kebesaran nama Tuhan. 

Richo merupakan salah satu pemain Pra PON yang meloloskan Provinsi NTT menuju PON Papua Tahun 2021. 

"Ini prestasi yang luar biasa bagi saya karena tidak semua orang bisa buat sejarah. Saya tidak butuh medali banyak-banyak. Meloloskan NTT ke PON Papua itu membuat saya bangga," kata pemain yang pernah merumput bersama PSM Makasar dan Bali United ini. 

Usai melawan PSN Ngada, Richo menilai banyak pemain di NTT layak bermain di level nasional. Jika ditempa secara baik oleh pelatih yang berpengalaman, dia yakin banyak pemain asal NTT yang bisa bersinar di tingkat nasional. 

Biodata

Nama: Leoricho Musa Malaikosa 
Usia: 22 Tahun
TTL: Alor, 20 April 2000
Domisili: Kota Kupang
Nama Orangtua: Ayah Musa Malaikosa, dan Ibu Adferida Nanggula. 
Klub: Kristal FC
Tinggi Badan: 160
Berat: 50 kg
Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

PEMAIN - Riko Malaikosa Bermain Sepak Bola Untuk Memuliakan Nama Tuhan
PEMAIN - Riko Malaikosa Bermain Sepak Bola Untuk Memuliakan Nama Tuhan (Foto/Ricko Wawo)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved