Berita Kota Kupang

Pencairan TPP Untuk ASN di Kota Kupang Sudah 80 Persen

Pencairan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mencapai 80 persen. Ditargetkan akan tuntas 100 persen untuk semu

Editor: Ferry Ndoen
KOMPAS.com/Dok. HaloMoney.co.id
Ilustrasi uang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pencairan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mencapai 80 persen. Ditargetkan akan tuntas 100 persen untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Bulan September ini. 

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang BKPPD Kota Kupang, Ade Manafe mengatakan, sampai saat ini progres pencairan TPP telah mencapai 80 persen. Ia menyebut, OPD yang belum dicairkan diantaranya  Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah OPD lain.

Ade Manafe mengatakan, sistem pengisian E-Kinerja juga dilakukan sesuai dengan jadwal atau saat sistem dibuka baru dilakukan penginputan. Ini yang menyebabkan semua Organisasi Perangkat Daerah OPD tidak bisa bersamaan mengisi E-Kinerja. 

Setalah dari Organisasi Perangkat Daerah OPD melakukan pengisian dan penginputan E-Kinerja, barulah BKPPD melakukan verifikasi terhadap laporan rekapan E-Kinerja,  setelah selesai barulah akan direkomendasikan untuk dibayar. 

"Jadi setelah kita memberikan rekomendasi kepada Organisasi Perangkat Daerah OPD yang bersangkutan, selanjutnya Organisasi Perangkat Daerah OPD mengajukan Surat Perintah Membayar atau SPM ke Badan Keuangan Daerah untuk dibayarkan," katanya, Rabu 7 September 2022. 

Ade menjelaskan, yang diverifikasi oleh BKPPD adalah rekapan E-Kinerja dan rekapan absensi. Setelah itu, diberikan rekomendasi untuk proses pencarian. Untuk proses pembayaran ini dilakukan untuk enam bulan atau Januari hingga Juni 2022. 

Baca juga: Tujuan Kunjungan Kerja Dua Kabupaten di NTT Menteri PUPR Akan Tinjau Sorgum Laipori Sumba Timur

Ia berharap, kedepan akan dilakukan pembayaran tiap bulan, sejalan dengan E-Kinerja yang mengharuskan pembayaran tiap bulan.   

Untuk diketahui, anggaran yang disiapkan untuk pembayaran TPP sebesar Rp 63 miliar untuk 5.402 ASN.   

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Truice Ballina Oey, mengatakan, sampai saat ini sudah dicairkan sekitar 80 persen bagi OPD  yang mengajukan SPM untuk pencairan TPP. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved