Berita Sumba Timur

Kementerian PUPR Turun Tangan Sukseskan Program Pengembangan Sorgum di Sumba Timur

Pengembangan budidaya sorgum dalam rangka diversifikasi pangan untuk menghadapi krisis pangan global bahkan telah diinstruksikan sendiri oleh Presiden

Penulis: Ryan Nong | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
TINJAU- Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono didampingi Bupati Sumba Timur Drs Khristofel Praing saat meninjau lahan sorgum di Laipori Desa Palakahembi Kecamatan Pandawai Sumba Timur, Minggu 11 September 2022. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU- Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) turun tangan untuk menyukseskan program pengembangan sorgum di Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Pengembangan budidaya sorgum dalam rangka diversifikasi pangan untuk menghadapi krisis pangan global bahkan telah diinstruksikan sendiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Presiden Jokowi saat meninjau lahan budidaya sorgum di Kabupaten Sumba Timur, Kamis 2 Juni 2022 lalu. 

Saat itu, di lahan budidaya yang dikelola PT. Sumba Moelti Agriculture, anak perusahaan PT. Sorgum Indonesia, Presiden Jokowi bahkan menginstruksikan pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur dan Sumba Timur untuk mengembangkan sorgum. 

Baca juga: Kunjungan Kerja ke NTT, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Tinjau Sorgum di Laipori Sumba Timur

Termasuk saat itu, Presiden Jokowi juga memuji uji coba budidaya sorgum (Sorghum Spp-Latin) di lahan seluas 60 hektar yang terletak di Lapori Desa Palakahembi Kecamatan Pandawai itu.

Menurut Presiden Jokowi, selain memberi hasil yang signifikan secara ekonomis, budidaya sorgum juga mampu memberdayakan sumber daya lokal. 

Menteri PUPR Basuki Tinjau Lahan Sorgum

Saat kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur, pada Minggu 11 September 2022, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi jajaran yang terdiri  dari Dirjen SDA, Dirjen BM dan Sam V hingga jajaran di daerah melakukan peninjauan lahan budidaya sorgum milik PT. Sumba Moelti Agriculture itu. 

Kehadiran Menteri Basuki Hadimuljono disambut Bupati Sumba Timur Drs Khristofel Praing dan Wabup David Melo Wadu dan jajaran kementerian saat tiba di Bandara Umbu Mehang Kunda pada pukul 09.15 Wita. 

Selanjutnya Menteri Basuki bersama rombongan menuju lahan budidaya sorgum di Laipori yang berjarak sekitar 19 Kilometer itu. 

Menteri Basuki meninjau lahan budidaya dan menyempatkan diri berdialog dengan penanggung jawab lapangan PT. Sumba Moelti Agriculture Hermanto.

Baca juga: Liga 3 El Tari Memorial Cup, Gubernur Viktor: Lembata Harus Jadi Pusat Produksi Kelor dan Sorgum

Saat itu hadir pula Presiden Direktur PT. Sorgum Indonesia, MH Sultan Caniago. 

Di lokasi itu, Menteri Basuki menjanjikan akan mendukung pembangunan sumur bor karena kondisi lahan yang kering.

Namun kepada pihak perusahaan, Menteri Basuki meminta agar budidaya dilaksanakan secara maksimal jika dukungan itu telah dieksekusi. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved