Berita Manggarai Barat

BPOLBF Dorong Penggunaan Produk Lokal Dalam Industri Pariwisata Labuan Bajo

produk masyarakat dari sektor lain seperti pertanian dan perikanan untuk dikembangkan dalam mendukung sektor pariwisata di Labuan Bajo

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Direktur BOPLBF, Shana Fatima 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores atau BPOLBF terus mendorong penggunaan produk lokal dalam industri pariwisata di Labuan Bajo Manggarai Barat, Provinsi NTT.

Direktur BPOLBF, Shana Fatima mengatakan, saat ini 85  persen suplier industri pariwisata seperti hotel kapal dan lainnya masih merupakan produk dari luar Labuan Bajo.

"Jadi kita ingin mendorong agar bagaimana seluruh produk yang digunakan dan ditampilkan dalam experience wisatawan kalau bisa semuanya adalah produk atau konten lokal, " kata Shana usai mengikuti kegiatan Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Batu Cermin Labuan Bajo, Jumat 9 September 2022.

Baca juga: HaKI Logo BPOLBF, Klasifikasi Merek Kelas 39 dan Kesiapan BPOLBF Menuju Status BLU

Selain itu, pihaknya juga mendorong agar produk masyarakat dari sektor lain seperti pertanian dan perikanan untuk dikembangkan dalam mendukung sektor pariwisata di Labuan Bajo.

"Ini yang terus kami dorong, dan pada akhirnya teman-teman UMKM melihat ini bukan hanya sekedar wacana, kesempatan sudah kami siapkan tinggal bagaimana para pelaku UMKM memanfaatkan kesempatan ini, " ungkapnya.

Saat ini, kata Shana, Kementrian dan Lembaga telah diwajibkan oleh Presiden Jokowi untuk membelanjakan produk lewat E-Katalog Pemerintah Pusat.

Karena itu, pihaknya juga mendorong pelaku UMKM di Manggarai Barat untuk memasarkan produk mereka lewat E-Katalog sehingga lebih dikenal masyarakat luas.

"Sehingga bisa jadi yang order produk di Labuan Bajo bisa orang dari Medan, Kalimantan dan wilayah lain di Indonesia, jadi fokus pelaku UMKM adalah tingkatkan kualitas dan kuantitas produknya," ujar Shana.

Baca juga: BPOLBF Sumbang Alat Musik Tradisional untuk Masyarakat Gendang Kaper Manggarai Barat

Shana meyakini, kedepan produk UMKM Labuan Bajo akan menjadi duta pariwisata ketika nanti diterima di pasarnya masing-masing. 

"Karena orang akan penasaran dari mana sih produk yang mereka gunakan, dengan begitu orang akan tertarik datang ke Labuan Bajo, " pungkasnya.(*)

Info Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved