Berita Kupang

Semarak HUT 21 Partai Demokrat, DPC PD Kabupaten Kupang Sumbang 40 Kantong Darah dan Aksi Sosial

golongan darah A sebanyak 4 kantong, golong darah B sembilan kantong, golongan darah O sebanyak 25 kantong

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK ISTIMEWA
DONOR DARAH - Aksi donor darah oleh DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang menjelang HUT PD Demokrat ke 21. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Kupang melakukan aksi sosial dengan melaksanakan kegiatan donor darah.

Kegiatan dilansungkan di kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang menggandeng UPT PMI NTT, Kamis 8 September 2022 dengan hasil 40 kantong darah berhasil disumbangkan ke PMI.

Aksi donor darah tersebut oleh ketua DPC PD Kabupaten Kupang, Winston Rondo dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 21 pada 9 September 2022.

Baca juga: Pengurus Baru DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang Temui Bupati Kupang 

40 kantong darah yang berhasil terkumpul itu dengan rincian, golongan darah A sebanyak 4 kantong, golong darah B sembilan kantong, golongan darah O sebanyak 25 kantong dan golongan darah AB sebanyak 2 kantong.

Menurut Winston, dalam kurun waktu 6 tahun terakhir, hingga September 2022 ini, DPC Demokrat  Kabupaten Kupang dan UPT PMI NTT sudah 9 kali melaksanakan kegiatan donor darah tersebut.

Bagi Demokrat Kabupaten Kupang ungkap Winston, donor darah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun pasalnya, kegiatan bagi kemanusiaan ini telah menjadi sebuah pilihan program yang bersentuhan langsung dengan hidup mati dan keselamatan jiwa manusia.

Sehingga pihaknya merasa perlu mengajak semua kader, simpatisan dan pengurus DPC Demokrat Kabupaten Kupang untuk memberi solidaritas demi kehidupan bagi sesama yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, kegiatan kemanusiaan ini juga  telah menjadikan satu semangat dan harus ditumbuh kembangkan terus menjadi agenda rutin Demokrat Kabupaten Kupang.

Baca juga: Beri Pendidikan Politik Bagi Kader di Matim, BKH Harap Partai Demokrat Berkuasa Pada Pemilu 2024

Senada diungkapkan, Sekretaris DPD Demokrat NTT, Samuel Hake. Menurut dia, kegiatan donor darah ini sangat penting dilakukan untuk membantu sesama melalui darah.

Petinggi di Demokrat NTT yang juga ikut mendonorkan darahnya tersebut berharap kegiatan ini terus ditingkatkan.

Sementara, pihak UPT PMI NTT melalui dr. Alvin membenarkan, ia dan timnya berhasil mengumpulkan 40 kantong darah dari 50-an peserta donor yang terdaftar dalam kegiatan tersebut.

Sejumlah peserta ungkap dr. Alvin, gagal melaksanakan donor karena berbagai alasan diantaranya, karena tensi darahnya tinggi lebih dari 160, ada juga yang HB darahnya  terlalu rendah dibawah 12.

"Di NTT, Kebutuhan darah per bulan capai 1800-2000 kantong darah. Saya anjurkan, kalau kondisi badan dalam keadaan fit dan sehat sebaiknya mendonorkan darahnya secara rutin 2-3 bulan sekali," jelasnya.

Untuk diketahui, tidak hanya kegiatan donor darah, di sore pada hari yang sama DPC Demokrat Kabupaten Kupang melakukan pembagian 80 paket bantuan sosial untuk keluarga kurang mampu yang memiliki balita.

Baca juga: Winston Rondo Dipercayakan Kembali Nahkodai Partai Demokrat Kabupaten Kupang

Kegiatan bansos ini terlaksana berkat kerjasama Badan Pemberdayaan Masyarakat DPD Demokrat NTT dan DPC Demokrat Kabupaten Kupang dan 80 penerima manfaat paket bantuan sosial ini disebutkan berasal dari tiga mata jemaat gereja di Kelurahan Naibonat. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved