Berita Kabupaten TTU

Kepolisian Resort TTU Gelar Patroli Laut Cegah Penyeludupan Bahan Bakar Minyak dan Pencurian Ikan

Kepolisian Resort TTU melakukan tindakan preventif di wilayah perbatasan RI RDTL terkait pencegahan tindak pidana pencurian ikan dan aksi penyelundupa

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/HO-
Kegiatan patroli laut oleh polsek Insana Utara di perairan Batas RI RDTL. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Kepolisian Resort TTU melakukan tindakan preventif di wilayah perbatasan RI RDTL terkait pencegahan tindak pidana pencurian ikan dan aksi penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Untuk itu satuan Polsek Insana Utara melakukan patroli laut di wilayah perairan perbatasan RI-RDTL dengan tujuan pengamanan perairan oantai di garis batas tersebut

Kasi Humas Kepolisian Resort TTU Polres TTU, Iptu I Ketut Suta, Kamis 8 September 2022 menjelaskan, patroli pengamanan di perairan pantai yang berlokasi di garis batas negara RI-RDTL tersebut merupakan bentuk implementasi tindakan preventif pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak BBM.

Lebih lanjut mantan Kapolsek Miomaffo Barat ini, menjelaskan, giat patroli dipimpin langsung Kapolsek Insana Utara Iptu Yohanes B. Puka.

Lebih jelas kata dia kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi di Wilayah Hukum Polsek Insana Utara.

"Cipta kondisi dengan cara secara rutin melaksanakan patroli laut dengan menggunakan fasilitas Spit Bot yang ada sebagai sarana pendukung yang mana Wilkum Polsek Wini adalah daerah perairan Laut Pantai Utara," ujarnya.

Baca juga: Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Kupang atau ASN Pemkot Kupang Pungut Sampah Plastik di Kolhua

Dia juha menerangkan patroli laut tersebut dilakukan secara rutin dengan maksud untuk mencegah para pelaku kejahatan perairan baik pencurian ikan dan penyeludupan Bahan Bakar Minyak BBM ke wilayah negara tetangga, Timor Leste.

Bukan saja Polrws TTU sendiri melalukan patroli, mereka juga melakukan secara all out bersama personil polair Polda NTT yang ditugaskan di Polsek Insana.

Iptu I Ketut Suta mengharapkan kepada masyarakat agar supaya dapat mengurungkan niat untuk melakukan penyelundupan BBM ke negara tetangga, Timor Leste sehingga masyarakat nelayan dapat mencari hasil di laut dengan aman dan nyaman. 

Masih terkait pengamanan pasva kenaikanBahan Bakar Minyak BBM Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson melaksanakan kegiatan supervisi dan asistensi di 3 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dalam Kota Kefamenanu, Ibu Kota Kabupaten TTU, Selasa 6 September 2022.

Pemantauan yang dilaksanakan mulai pukul 10.20 wita tersebut dimulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum SPBU Naesleu, di jalan Sonbay, Kelurahan Kefamenanu Selatan. Di sana ada 4 orang anggota Polres TTU yang terdiri dari 1 personil Sat Lantas, 1 personil Sat Intelkam, 1 orang personil Samapta dan 1 personil Reskrim.

Pemantauan dan kontrol juga dilakukan di SPBU KM 4 depan Gereja Petra dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar SPBU baru. Selain berinteraksi dengan anggota Polres TTU yang bertugas, Kapolres Mukhson juga menyambangi operator dan para pengendara yang tengah antre untuk melakukan pengisian BBM. 

Setiap personil mempunyai tanggungjawab masing-masing. Sat Samapta bertugas melaksanakan Turjawali dan pengamanan, Satlantas melaksanakan Turjawali lalu lintas dan pencegahan antrean panjang, Sat Intelkam bertugas di bidang intelijen dan keamanan. Sementara Sat Reskrim bertugas melaksanakan pengawasan.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved