Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Apa Langkah Selanjutnya Setelah Kematian Ratu Elizabeth II?

Pihak Kerajaan Inggris sudah mengonfirmasi kematiannya dengan menempelkan Pengumuman Resmi di gerbang Istana Buckingham dan beberapa tempat lainnya.

Editor: Agustinus Sape
DAILYMAIL/AVALON.RED
MENINGGAL - Ratu Elizabeth II, yang memerintah Kerajaan Inggris sejak tahun 1952, meninggal dunia dalam usia 96 tahun di Istana Buckingham Inggris, Kamis 8 September 2022. Kabar kematiannya telah dikonfirmasi pihak Keluarga Kerajaan dengan menempelkan pengumuman di pintu gerbang istana. 

POS-KUPANG.COM, LONDON - Ratu Inggris, yaitu Ratu Elizabeth II, telah meninggal dunia dengan tenang di Balmoral, tempat dia beristirahat selama beberapa waktu terakhir, Kamis 8 September 2022 waktu Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun dan telah memerintah selama 70 tahun.

Pihak Kerajaan Inggris sudah mengonfirmasi kematiannya dengan menempelkan Pengumuman Resmi di gerbang Istana Buckingham dan beberapa tempat lainnya.

Pemerintahan Ratu Elizabeth II dimulai pada tahun 1952, sehingga mayoritas orang di Inggris sekarang mengalami sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya: kematian penguasa mereka.

Meskipun banyak yang bertanya-tanya apa yang terjadi selanjutnya, keluarga kerajaan telah mempersiapkan kematian Elizabeth sejak 1960-an.

Baca juga: Inggris Berduka, Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Berikut Deretan Peristiwa Penting dalam Hidupnya

Operasi Jembatan London (Operation London Brigde) adalah rencana untuk menit, jam, dan hari setelah kematian Ratu, diaktifkan oleh pesan suram, "London Brigde is down (Jembatan London turun)".

Apa yang terjadi setelah kematian Ratu?

Berdasarkan rencana tersebut, pejabat pertama yang mengakui kematian itu adalah Sir Edward Young, sekretaris pribadi penguasa.

Peran Young adalah untuk mengkomunikasikan pesan resmi antara raja yang berkuasa dan pemerintah, termasuk berita kematiannya.

Operasi Jembatan London menyatakan bahwa Perdana Menteri kemudian diinformasikan dalam serangkaian panggilan yang dilakukan ke berbagai pejabat senior pemerintah termasuk sekretaris kabinet dan Dewan Penasihat.

15 pemerintah lain di mana Ratu menjadi kepala negara juga diberitahu, selain sisa anggota Persemakmuran.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Hari kematian Ratu dikenal sebagai D-Day (Death Day - Hari Kematian) dalam Keluarga Kerajaan dan pemerintah. Hari ini adalah D-Day+1, disusul D-Day+2 dan seterusnya.

Tanggal pemakaman Ratu akan diumumkan kemudian hari ini tetapi diperkirakan akan berlangsung pada D-Day+10.

Perdana Menteri akan membuat pernyataan di depan anggota parlemen lainnya sebelum mengadakan audiensi dengan penguasa baru, dan raja baru, Raja Charles, akan menyiarkan pesan kepada bangsa hari ini.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved