Berita Sikka

Kabupaten Sikka jadi Tuan Rumah Pesta Paduan Suara Gerejani Pesparani Katolik III tahun 2023

Kabupaten Sikka siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik III tahun 2023 di Kota Maumere.

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/HO-DOK.PRIBADI
FOTO - Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sikka, Dr. Yonas KDG Gobang,S.Fil,MA 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kabupaten Sikka siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejani Pesparani Katolik III tahun 2023 di Kota Maumere.

Keyakinan itu dikarenakan Kabupaten Sikka memiliki rekam jejak sejarah iman Katolik di provinsi NTT yang tentu bisa menjadi magnet tersendiri bagi para peserta Pesta Paduan Suara Gerejani Pesparani Katolik III tahun 2023 atau Pesparani ketika berada di kota Maumere.

Demikian kata Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sikka, Dr. Yonas KDG Gobang,S.Fil,MA dimintai komentarnya, Rabu 7 September 2022, terkait persiapan Maumere menjadi tuan rumah pelaksanaan Pesparani III Tingkat Provinsi NTT tahun 2023. 

Melalui Pesparani kata dia, ada pesan-pesan literasi yang kuat dalam kaitan dengan musik liturgi juga kemampuan untuk mendalami pesan-pesan Alkitab karena di Kabupaten Sikka ada 2 Seminari Tinggi  yakni Ledalero dan Ritapiret yang menjadi rumah produksi Iman dunia saat ini.

“Ledalero dan Ritapiret merupakan dua seminari besar di Maumere, Kabupaten Sikka, yang punya nilai sejarah termasuk pernah jadi “Vatikan Semalam” saat Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II memilih untuk menginap di seminari tinggi Ritapiret. Kalau kita jadi tuan rumah tentu para peserta akan lebih merasakan sentuhan special dari sisi ziarah iman,” kata Wakil Rektor UNIPA Maumere ini.

Hal lain, kata dia, Kabupaten SIkka juga menjadi pusat pengembangan misi Katolik yang ditandai dengan hadirnya banyak biara yang tentunya selaras dengan salah satu misi penyelenggaraan Pesparani dan juga LP3KD.

Untuk itulah, ketika kita melihat Pesta Paduan Suara Gerejani Pesparani Katolik III tahun 2023  sebagai perayaan iman, maka kita juga ingin menunjukan kepada sesama saudara, umat katolik dari daerah lain bahwa kita punya potensi-potensi daerah yang searah dengan visi misi pagelaran Pesparani.

Gerry berharap pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejani Pesparani Katolik III tahun 2023 mendapat dukungan dari Pemkab Sikka, Pemda NTT, dan juga tentu LP3KD Provinsi NTT dan semua pengurus LP3KD kabupaten/kota.

Terpisah, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo Idong, mengaku Kabupaten Sikka siap menyelenggarakan Pesparani. 

“Kita siap menjadi tuan rumah kalau dipercayakan oleh penyelenggara,” ujar Roby Idong sapaan akrabnya. 

Untuk diketahui, Kota Maumere merupakan salah satu kota paling dinamis di Flores karena juga memiliki akses perhubungan darat, laut dan udara dari pulau Timor, Flores dan juga Sumba.

Kota ini juga memiliki fasilitas akomodasi teutama hotel dan restoran yang sangat memadai termasuk ketersediaan lokus untuk dijadikan venue-venue perlombaan.

Roby sangat mendukung pelaksansaan Pesparani di kabupaten Sikka karena dengan menjadi tuan rumah maka geliat ekonomi lokal tumbuh karena banyak orang dari berbagai daerah datang ke kota Muamere. (Fan)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

FOTO - Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sikka, Dr. Yonas KDG Gobang,S.Fil,MA
FOTO - Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sikka, Dr. Yonas KDG Gobang,S.Fil,MA (POS-KUPANG.COM/HO-DOK.PRIBADI)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved