Berita NTT

Harga BBM Naik Bansos Topang Daya Beli Masyarakat

Pemerintah melalui Kementerian Sosial RI akan menyalurkan bantuan sosial tambahan sebesar Rp 12,4 triliun. Kebijakan ini merupakan bentuk perhatian

Penulis: Apolonia M Dhiu | Editor: Ferry Ndoen
POS KUPANG/HO
DISKUSI DARING - Diskusi online bertajuk "Alih Subsidi BBM, Bansos Topang Masyarakat Miskin" yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) pada Selasa, 6 September 2022. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Aplonia Dhiu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pemerintah melalui Kementerian Sosial RI akan menyalurkan bantuan sosial tambahan sebesar Rp 12,4 triliun. Kebijakan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat di tengah kenaikan harga kebutuhan dasar.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial Mensos Tri Rismaharini dalam diskusi online bertajuk "Alih Subsidi Bahan Bakar Minyak BBM, Bansos Topang Masyarakat Miskin" yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) pada Selasa (6/9).

"Karena itu, pemerintah via Kementerian Sosial RI akan memberikan top up atau dana tambahan, di luar bantuan rutin yang diterima oleh para penerima manfaat. Jadi jumlah totalnya nantinya, yang kita bantu 20.650.000 penerimamanfaat. Dan nilai totalnya kurang lebih Rp 12,4 triliun," kata Mensos.

Terkait skema penyalurannya, Risma menjelaskan, pihaknya mengandeng PT Pos Indonesia. Adapun total bantuan yang diberikan yakni sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan mulai September hingga Desember.

"Namun kita serahkan dua kali. Jadi di awal bulan September ini sebesar 2 kali, yakni 150.000 kali 2 bulan 300.000. Sementara sisanya pada bulan Desember.

Ditambah yang rutin kalau dia adalah penerima PKH atau atau kartu sembako," terang Risma.

Pada forum yang sama, Kementrian Ketenagakerjaan mendapat porsi untukmenyalurakan bantuan subsidi upah (BSU) bagi masyarakat. Menteri
Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauzia mengatakan bantuan sosial yang dikucurkan pemerintah berupa BSU bertujuan untuk menopang daya beli
pekerja atau buruh di tengah inflasi. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

DISKUSI DARING - Diskusi online bertajuk
DISKUSI DARING - Diskusi online bertajuk "Alih Subsidi BBM, Bansos Topang Masyarakat Miskin" yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) pada Selasa, 6 September 2022. (POS KUPANG/HO)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved