Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT: Kuah Bening Kelor Merah Kombinasi Serai Merah dan Jahe Ampuh Bunuh Kolestrol

rebusan bening daun kelor merah kombinas jahe merah dan serai merah untuk menumpanas sakit kolestrol jahat Anda

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
BENING- rebusan bening daun kelor merah kombinas jahe merah dan serai merah untuk menumpanas sakit kolestrol jahat Anda, ikuti petunjuk masakan ala Ferry Ndoen 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Bagi Anda penderita kolestrol jahat jangan resah dan gelisah. Masakan berkuahatau sayur bening  ini sangat cocok meredam kolestrol jahat Anda.

Kuah bening daun pohon kelor merah atau kuah daun marungga merah sangat ampuh meredam sakit kolestrol jahat Anda.

Tanaman kelor merah ini boleh dikatakan cukup langka. Biasa yang hidup dan tumbuh dihalaman rumah di kampung-kampung di wilayah di Kota Kupang bahkan di daratan Timor adalah tanaman pohon daun marungga atau kelor putih.

Namun untuk tanaman pohon kelor merah sangat langka. Ciri khas tanaman kelor merah, yakni bunganya berwarna merah. 

Sedangkan daun kelor biasa bunganya berwarna putih. Manfaat daun kelor bunga merah  meredam sakit kolestrol juga sakit diabetes dan asam urat.

Untuk membuat masakan kuliner khas Kupang ini sangat mudah Anda tinggal mencari tanaman kelor merah yang tumbuh walaupun agak susah. Tapi biasanya, warga dari kampung-kampung sekitar wilayah Kupang Barat, misalnya dari Naioni, Tesbatan, wilayah Alak masih tumbuh tanaman kelor merah ini.

Daun kelor merah di koru lalu direbus dengan serai merah dan jahe merah dalam kuali atau panci/wajan.

Biarkan api menyala pelan hingga air kelor mendidih. Saa kelor merah mendidih akan terasa bau harum serai merah dan jahe merah.Rebusan daun kelor merah diberi garam dan sedkit penyedap lalu tuangkan dalam wadah panci

Setelah itu, daun kelor merah siap disantap bersama keluarga tercinta Anda. Sayur bening kelor merah kombinasi serai merah dan jahe merah ini bisa juga dijadikan lalapan dan makan bersama sambal terasi dan gorengan ikan teri kering.

Kuah bening daun kelor merah campuran jahe dan serai merah ini minum satu gelas bisa dicampur dengan gula lempeng Rote akan teras lebih enak.

Selamat menikmati rebusan bening daun kelor merah kombinas jahe merah dan serai merah untuk menumpanas sakit kolestrol jahat Anda. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

bening kelor 4
BENING- rebusan bening daun kelor merah kombinas jahe merah dan serai merah untuk menumpanas sakit kolestrol jahat Anda, ikuti petunjuk masakan ala Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved