Berita Pendidikan

Doktor Sam Haning : Jangan Jadikan PTS Sebagai Lahan Tidur

Sam Haning dilantik oleh Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia atau Ketua Aptisi, Prof. Dr. Ir. H. M. Budi Dajtmiko, SK, M.Si, M.EI.

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
APTISI - Ketua Aptisi, Prof. Dr. Ir. H. M. Budi Dajtmiko, SK, M.Si, M.EI melantik Dr. Sam Haning sebagai Ketua Aptisi Wilayah XV NTT, Jumat 2 September 2022. Bersama Sam, dilantik pula pengurus Aptisi Wilayah XV NTT.      

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM,KUPANG - Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia APTISI Wilayah XV NTT, Dr. Samuel Haning,S.H,M.H mengatakan, jangan menjadikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) seperti lahan tidur. PTS harus hadir untuk membangun generasi bangsa di NTT.

"Saya minta kerjasama yang baik untuk tidak lagi menjadikan PTS seperti lahan tidur. Tapi menjadi perguruan tinggi yang penting untuk generasi bangsa di NTT," kata Samuel Haning di sela-sela memberikan sambutan usai dilantik menjadi Ketua Aptisi Wilayah XV NTT periode 2022-2025 di  Suba Suka Paradise Kupang, Jumat 2 September 2022 malam.

Sam Haning dilantik oleh Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia atau Ketua Aptisi, Prof. Dr. Ir. H. M. Budi Dajtmiko, SK, M.Si, M.EI.

Saat memberi sambutan, Sam sapaan akrab Samuel Haning mengajak seluruh Perguruan Tinggi Swasta atau PTS di wilayah NTT untuk bekerjasama memperjuangkan pemberdayaan perguruan tinggi, dan tidak menjadikan Perguruan Tinggi Swasta PTS seperti lahan tidur.

"PTS harus hadir demi generasi bangsa di bumi Flobamorata yang lebih yang lebih berkualitas. Saya minta kerjasama yang baik untuk tidak lagi menjadikan PTS seperti lahan tidur," tegas Sam.

Dikatakan, saat ini seluruh Indonesia mengalami goncangan akibat aturan yang cenderung membuat PTS kurang diperhitungkan dibanding PTN. "Begitu banyak regulasi yang membuat PTS tidak berdaya, sehingga APTISI harus hadir untuk membangun kepercayaan dan mendukung pemberdayaan PTS menjadi perguruan tinggi yang handal dan berkualitas," kata Sam.

Dijelaskan, keberdayaan PTS akan menjadi tanggung jawab dan beban Aptisi. Aptisi hadir untuk membangun kebersamaan, mempersatukan dari yang terpisah-pisah, menhidupkan yang hampir mati. 

"Aptisi hadir untuk tolong teman-teman. Ada PTS yang sedang tak berdaya, maka Aptisi Wilayah XV NTT akan melakukan roadshow ke daerah-daerah untuk melihat dan mendengar langsung permasalahan yang ada, mengapa demikian,” kata Dr. Sam Haning.

Dirinya juga berterima kasih karena dipercayakan menjadi Ketua APTISI Wilayah XV NTT. 

 Sementara Ketua APTISI, Prof. Dr. Ir. H. M. Budi Dajtmiko, SK, M.Si, M.EI dalam sambutannya, menyebut acara pelantikan Pengurus APTISI Wilayah XV NTT merupakan acara pelantikan pertama pengurus APTISI wilayah di Indonesia yang digelar secara luar biasa. "Ini menunjukan suatu semangat yang sangat positif bagi perjuangan pengembangan PTS di wilayah NTT," kata Budi.

Budi juga menyampaikan sejumlah pesan agar Aptisi Wilayah XV NTT terus memperjuangkan kesejahteraan PTS yang selama ini terasa masih kurang adil dalam mendapatkan perhatian pemerintah dibanding PTN. Karena sesungguhnya, kehadiran PTS sama pentingnya dengan PTN dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) anak bangsa yang berkualitas.

Ketua LLDIKTI Wilayah XV NTT, Prof. Adrianus Amheka, ST, M.Eng. Karena itu Prof. Adrianus Amheka menyampaikan ucapan selamat kepada Dr. Sam Haning dan jajaran yang telah dilantik.

Prof.Amheka, mengatakan, LLDIKTI Wilayah XV NTT siap membantu PTS dalam upaya pengembangan kampus menjadi lebih berkualitas dan sejahtera. Terutama dalam upaya akreditasi program studi di setiap PTS.

 Acara pelantikan dihadiri Ketua LLDIKTI Wilayah XV NTT, Prof. Adrianus Amheka, ST, M.Eng, para rektor dan pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari seluruh wilayah NTT. Hadir pula  Kepala Dinas Pemdidikan Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd,M.Pd, Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh, S.H, dan  undangan lainnya.(*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

APTISI - Ketua Aptisi, Prof. Dr. Ir. H. M. Budi Dajtmiko, SK, M.Si, M.EI melantik Dr. Sam Haning sebagai Ketua Aptisi Wilayah XV NTT, Jumat 2 September 2022. Bersama Sam, dilantik pula pengurus Aptisi Wilayah XV NTT. 
 
 
APTISI - Ketua Aptisi, Prof. Dr. Ir. H. M. Budi Dajtmiko, SK, M.Si, M.EI melantik Dr. Sam Haning sebagai Ketua Aptisi Wilayah XV NTT, Jumat 2 September 2022. Bersama Sam, dilantik pula pengurus Aptisi Wilayah XV NTT.      (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved