Perang Rusia Ukraina

Kondisi di Ukraina Mengerikan, Bak Kota Hantu Mayat Tentara Bergelimpangan di Setiap Sudut Kota

Kondisi di Ukraina mengerikan, mayat tentara bergelimpangan di setiap sudut kota, 50.Ribu Pasukan Rusia diprediksi tewas

Editor: Adiana Ahmad
AFP
Mayat Tentara Rusia yang tewas di Ukraina - Pakar Forensik Ukraina sedang memeriksa mayat tentara Rusia sebelum dikirim pulang ke Rusia 

POS-KUPANG.COM - Memasuki hari ke -192, Perang Rusia Ukraina belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Bahkan peperangan kedua belah pihak dilaporkan makin sengit. Korban materi hingga korban jiwa terus berjatuhan. Kini Kondisi di Ukraina dilaporkan mengerikan. Ukraina disebut bak Kota hatu, mayat tentara bergelimpangan di setiap sudut kota. Disebutkan, hampir 50 ribu Pasukan Rusia tewas selama peperangan.

Prediksi Rusia untuk menguasai Ukraina dalam hitungan jam pupus. Kini Ukraina yang didukung Uni Eropa dan Amerika Serikat memberikan perlawanan. 

Bahkan Ukraina dilaporkan ingin menguasai kembali wilayah Selatan berusaha mengepung Kherson, namun upaya tersebut harus mengorbankan 1.200 pasukannya pada awal September.

Tak hanya Ukraina, Rusia juga dilaporkan kehilangan 450 orang tentaranya dalam serangan tersebut. 

Baca juga: BABAK BARU Perang Rusia Ukraina, Pejabat Dua Negara Siap Duduk Satu Meja di Istanbul 

Anggota Korps Sukarelawan Ukraina menembakkan howitzer, saat serangan Rusia terus berlanjut, di sebuah titik di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin (28/3/2022). Pasukan Ukraina Serang Militer Rusia Dengan Howitzer AS.
Anggota Korps Sukarelawan Ukraina menembakkan howitzer, saat serangan Rusia terus berlanjut, di sebuah titik di Zaporizhzhia, Ukraina, Senin (28/3/2022). Pasukan Ukraina Serang Militer Rusia Dengan Howitzer AS. (Via Kontan.co.id)

 
Tidak jelas berapa jumlah tentara yang tewas dalam peperangan yang disebut-sebut mirip dengan Perang Dunia II tersebut.

Namun yang jelas, Keduanya telah kehilangan puluhan ribu tentara yang menjadi martir perang.

Hingga Jumat (2/9/2022) diperkirakan tentara Rusia yang dieliminir oleh pasukan Ukraina telah melebihi 50.000.

Militer Ukraina sendiri, menyebutkan pada Kamis (1/9/2022) tentara Rusia yang telah tewas mencapai 48.350 tewas dan terluka akibat perang tersebut.

Sebelumnya, sejumlah media memberitakan sebanyak 80.000 prajurit Rusia.

Baca juga: Dampak Buruk Perang Rusia Ukraina Dirasakan Prancis & Italia, Moskow Singgung Teknis,Italia: Bohong!

Tentara Volodymyr Zelensky juga menyebut 1.997 tank, 4.345 Kendaraan bersenjata, 1.115 artileri, 287 Sistem peluncur roket, 234 Pesawat tempur, 153 Sistem pertahanan Udara, 296 Helikopter, 851 drone, 205 helikopter, 196 misil dari kapal, 15 kapal perang dan 3.239 kendaraan perang.

Sementara dari kubu Ukraina sendiri, Rusia tidak mengumumkan jumlah pastinya, Kementerin Pertahanan Rusia hanya menyebutkan demiliterisasi di Ukraina telah merontokkan 280 pesawat tempur, 151helikopter, 1.852 drone, 371 sistem rudaal anti pesawat dan 4.663 tank.

Rusia Kehilangan 900 Pasukan Khusus

Rusia telah kehilangan lebih dari 900 pasukan khusus, pasukan terjun payung, marinir dan pilot dalam lebih dari enam bulan perang di Ukraina, layanan BBC Rusia melaporkan Kamis mengutip data yang tersedia untuk umum.

Kematian tentara semacam itu sangat bermasalah bagi Angkatan Bersenjata Rusia karena sangat mahal untuk menggantinya.

Mayat Tentara Rusia yang tewas di Ukraina
Mayat Tentara Rusia yang tewas di Ukraina (AFP)
Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved