Doa Harian Islam

Doa Harian Islam, Doa Mohon Ampunan Dosa pada Allah SWT dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Dalam Islam mengajarkan agar Umat Muslim senantiasa melafazkan Doa menyebut nama Allah SWT disetiap apapun yang kita lakukan, mulai dari hal kecil.

Penulis: Yeni Rachmawati | Editor: Yeni Rahmawati
Istimewa
DOA - Doa Harian Islam. Umat Muslim dianjurkan memanjatkan Doa sekecil apapun itu, berikut Doa Mohon Ampunan Dosa pada Allah SWT. 

POS-KUPANG.COM - Doa Harian Islam, Doa Mohon ampunan dosa pada Allah SWT.

Dalam Islam mengajarkan agar Umat Muslim senantiasa melafazkan Doa menyebut nama Allah SWT disetiap apapun yang kita lakukan, mulai dari hal kecil hingga besar sekalipun. Dalam keadaan sehat ataupun sakit kita patutnya berdoa.

Berdoa adalah memohon atau meminta pertolongan kepada Allah SWT, tetapi bukan berarti hanya orang yang terkena musibah saja yang layak memanjatkan Doa.

Doa  merupakan unsur yang paling esensial dalam ibadah.

Baca juga: Doa Harian Islam, Lafazkan Doa Ini Agar Diberi Hikmah oleh Allah SWT

Maka Umat Muslim dianjurkan untuk berdoa, apalagi saat memohon ampunan pada Allah SWT.

Berikut Doa Mohon ampunan dosa yang dikutip dari buku terbitan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI tahun 2013 :

DOA - Doa Mohon Ampunan Dosa
DOA - Doa Mohon Ampunan Dosa (Istimewa)

Latin : "Allohummaghfirli khotiati wajahli waisrofi fi amri kullihi wama anta a'lamu bihi minna"

Artinya: "Ya Allah, ampunilah kesalahan, kebodohan dan keterlaluanku dalam segala urusan, dan ampuni pula segala dosa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku."

Baca juga: Doa Harian Islam, Panjatkan Doa Ini Agar Diberi Kemuliaan oleh Allah SWT

Agar Doa yang kita panjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, maka di dalam berdo'a kita harus memperhatikan hal-hal pokok sebelum do’a kita panjatkan.

Seperti Tata Cara Berdoa.

Tata Cara Berdo'a

1. Menghadap kiblat
Hal ini berdasarkan sebuah hadis "Rasulullah datang ketempat wuquf diArafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo'a sehingga tenggelam matahari"

2. Membaca hamdalah atau pujian, Istighfar dan Shalawat Salah seorang Sahabat Nabi berkata : "Ketika Nabi Muhammad saw duduk dimesjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,'Allahummaghfirlii warhamnii'. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah pujipujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu Engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo'a. Kemudian datang seorang yang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo'alah akan dipenuhi."

3. Dengan suara lembut dan rasa takut.

Firman Allah SWT yang berbunyi, "Berserulah (Berdo'a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orangorang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah
(Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (Q.S. Al A'raf : 55-56)

4. Yakin akan dipenuhi

Didalam berdoa kita harus yakin dan berprasangka baik kepada Allah, seperti hadis berikut ini : "Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berfirman : Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa bila ia berdoa kepadaKu".

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved