Berita Timor Tengah Utara

Anggota Poktan Gembor dan Nune Naek, Benpasi Ikut Pelatihan Kewirausahaan

Pelatihan ini juga merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) berupa pengabdian kepada masyarakat

Penulis: Paul Burin | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-
HASIL - Hasil dari pelatihan Kelompok Tani (Poktan) Gembor dan Nune Naek, Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU berupa aneka pangan ringan seperti kue yang siap dipasarkan 

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Anggota Kelompok Tani (Poktan) Gembor dan Nune Naek, Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti pelatihan wirausaha.

Kegiatan ini diprakarsai para dosen dari Program Studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Timor (Unimor), belum lama ini.

Pelatihan ini juga merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) berupa pengabdian kepada masyarakat. 

Dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Kamis, 1 September 2022, Dosen Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Unimor, Mardit N. Nalle mengatakan bahwa anggota Poktan ini mengikuti pelatihan dengan membuat aneka pangan lokal sebagai usaha ekonomi yang bermanfaat.

"Pelatihan ini penting dilakukan agar produk yang dihasilkan atau dipasarkan memiliki nilai jual," kata Nalle.

Nalle melihat anggota kelompok ini punya spirit yang tinggi. Selain itu produk olahan yang dihasilkan punya prospek ekonomi yang  bagus.

Karena itu,  Nalle mengharapkan  setelah pelatihan ini anggota Poktan dapat mengembangkannya dengan tekun.

Ia juga mengharapkan peran pemerintah  untuk memberikan  dukungan kepada masyarakat atau wirausaha agar setiap produk yang dipasarkan dapat memiliki nilai jual  sehingga dapat memotivasinya.

Untuk diketahui, wilayah Benpasi  juga memiliki usaha tani hortikultura seperti sayur-sayuran dan tanaman buah seperti pepaya, tomat, semangka dan melon.

Selain itu pohon kelapa yang jumlahnya cukup banyak. Buahnya dapat diolah untuk kebutuhan sehari-hari. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa pertumbuhan kewirausahaan di Kabupaten TTU baru dua persen dari jumlah penduduk angkatan kerja.  (*/pol)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved