Berita Sumba Barat

Kadis Sosial Sumba Barat, Hingga Tahap II Tahun 2022 Telah Salurkan Bantuan Sosial Tunai 4.199 KPM

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat, Semuel Dato Mesa, S.Sos di kantornya, Selasa 30 Agustus 2022 siang, mengatakan, penyaluran bantuan sosial t

Penulis: Petrus Piter | Editor: Ferry Ndoen
FOTO POS-KUPANG.COM/, Petrus Piter
Kadis Sosial Sumba Barat, Semuel Dato Mesa, S.Sos 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat, Semuel Dato Mesa, S.Sos di kantornya, Selasa 30 Agustus 2022 siang, mengatakan, penyaluran bantuan sosial tunai  tahap II telah terlaksana melalui PT Pos Indonesia. Jumlah penerima bantuan sosial tunai tahap II sebanyak 14.199 keluarga penerima manfaat (KPM) dari total 14.683 KPM.

Pada penyaluran tahap II bantuan sosial tunai tidak tersalurkan sebanyak  199 KPM. Hal itu karena keluarga penerima manfaat (KMP) tidak datang pada waktu penyaluran  dan tambahan waktu penyaluran oleh PT Pos Indonesia. Besaran yang diterima pada tahap II ini sebanyak Rp 500.000.

Sedangkan pada penyaluran tahap I tahun 2022 telah menyalurkan bantuan sosial  tunai kepada 13.861 KPM dari total 14.101 KPM. Setiap KPM menerima uang sebanyak Rp 600.000. Pada tahap I terdapat 240 KPM tidak menyalurkannya.

Secara keseluruhan proses penyaluran dana bantuan sosial itu berlangsung aman dan lancar. Menjawab pertanyaan apakah sopir, tukang ojek dan lainnya masuk dalam kelompok penerima bantuan sosial tunai, ia mengatakan, dari total keluarga penerima manfaat itu didalamnya termasuk sopir, tukang ojek, tukang jahit, penjual sayur dan keluarga kurang mampu lainnya. 

Secara teknis, penyaluran dana bantuan itu dilakukan PT Pos Indonesia. Pihaknya hanya mengawasi jalannya pelaksanaan proses penyaluran dana tersebut.

Sebagaimana berlangsung selama ini,  biasanya sebelum penyaluran,  PT Pos Indonesia berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat terkait penyampaian nama –nama penerima bantuan, jadwal penyaluran dan lokasib penyaluran bantuan itu.

Berdasarkan hasil koordinasi itu, Dinas Sosial menyampaikan kepada kecamatan dan desa  untuk menghubungi masyarakat yang namanya tercantum sebagai penerima bantuan. Tugas Dinas Sosial selanjutnya adalah melakukan
monitoring dan pendampingan pada saat penyaluran bantuan sesuai jadwal yang telah ditetapkan PT Pos Indonesia.

Secara umum, ia mengatakan, proses penyaluran bantuan berjalan aman dan lancar. Meski demikian, ia mengaku terkadang ada persoalan namun hanya berkaitan dengan adminstrasi sehingga langsung terselesaikan.*

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Kadis Sosial Sumba Barat, Semuel Dato Mesa, S.Sos
Kadis Sosial Sumba Barat, Semuel Dato Mesa, S.Sos (FOTO POS-KUPANG.COM/, Petrus Piter)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved