Berita Sumba Barat

Bupati Sumba Barat Minta Kaum Ibu Jadi Pelopor Kesetaraan Gender 

Dengan bekal pengetahuan gender tersebut, ibu-ibu menjadi pelopor kesetaraan gender dilingkungan keluarga maupun organisasi masing-masing

Penulis: Petrus Piter | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
SEKDA - Sekda Sumba Barat, Yermia Ndapa Doda, S.H sedang membacakan sambutan Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H pada saat membuka kegiatan pelatihan gender di hotel Pelita Waikabubak, Sumba Barat, Rabu 24 Agustus 2022  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK- Bupati Sumba Barat , Yohanis Dade S.H meminta 30 pengurus organisasi perempuan yang mengikuti  pelatihan gender dapat mengikuti dengan baik hingga selesai.

Dengan bekal pengetahuan gender tersebut,  ibu-ibu menjadi pelopor kesetaraan gender dilingkungan keluarga maupun organisasi masing-masing.

Demikian harapan Bupati Yohanis Dade S.H dalam sambutan tertulisnya sebagaimana dibacakan Sekretaris Daerah Sumba Barat, Yermia Ndapa Doda S.Sos ketika membuka kegiatan pelatihan gender bagi organisasi perempuan yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Kabupaten Sumba Barat di ula hotel Pelita Waikabubak, Sumba Barat, Rabu 24 Agustus 2022.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti 30 peserta pengurus organisasi perempuan dengan harapan melalui pelatihan ini  para perempuan dapat menyuarakan tentang kesetaraan gender di organisasinya masing-masing.

Menurut Bupati Yohanis, pemberdayaan perempuan dan tercapainya kesetaraan gender merupakan masalah hak asasi manusia, masalah ketidakadilan sosial dan  tidak tepat apabila dipersepsikan sebagai isu perempuan saja.

Pengarusutamaan gender merupakan strategi pembangunan pemberdayaan perempuan, implementasinya melalui prinsip kesetaraan dan keadilan gender yang harus menjadi dasar dalam setiap kebijakan dalam pembangunan.

Keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, swasta maupun masyarakat tergantung dari peran serta seluruh penduduk baik laki-laki maupun perempuan sebagai pelaku pembangunan dan sekaligus sebagai penerima manfaat hasil pembangunan.

Karena itu, Bupati Yohanis berharap dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pendidikan dan  kualitas sumber daya perempuan di Kabupaten Sumba Barat.

Dengan demikian, perempuan mampu memanfaatkan berbagai kesempatan dan peluang demi mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved