Agus Bajo Terpilih Sebagai Ketua Umum KKBM Kupang Menggantikan Theo da Cunha

Agus Bajo terpilih sebagai Ketua Umum Kerukunan Keluarga Besar Maumere (KKBM) Kupang menggantikan Theo da Cunha.

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Gerardus Manyela
POS KUPANG.COM
POSE BERSAMA -Ketua KKBM Terpilih, Agus Bajo (kiri), Ketua Demisioner, Theo da Cunha (kanan) diapit Sekretaris Umum (demisioner) Fidelis Nong Nogor saat Mubes II di Kupang, Minggu, 21 Agustus 2022. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Gerardus Manyela

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Agus Bajo terpilih sebagai Ketua Formatur Kerukunan Keluarga Besar Maumere (KKBM) Kupang periode 2022-2025 menggantikan Theo da Cunha yang menahkodai ormas ini periode 2019-2022.

Agus Bajo terpilih dalam proses Musyawarah Besar (Mubes) II KKBM Kupang yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Kominfo Provinsi NTT, Minggu, 21 Agustus. Mubes itu diikuti oleh paguyuban arisan, para sesepuh, penasehat dan pengurus.

Dalam rapat yang dipimpin Stefanus Stanis dengan Sekretaris Gesti dan anggota Hans Paoe, forum menjaring empat orang kandidat, yakni Theo da Cunha (incumbent), Agus Bajo, Stefanus Stanis dan Fidelis Nong Nogor. Para kandidat didampingi pimpinan rapat dan ketua Dewan Penasehat, Dr. Acry Deo Datus sepakat mendukung Agus Bajo sebagai Ketua Formatur yang diberi waktu untuk menyusun kepengurusan KKBM periode 2022-2025.

KKBM Kupang awalnya diketuai oleh Drs. Daniel Woda Palle, kemudian vakum setelah mantan Bupati Sikka ini pensiun dari aktivitas politiknya di Kupang. Untuk menyatukan kembali orang Maumere di Kupang, Rakit (Gerakan Rakyat Sikka Bangkit) yang dimotori, Kornelis Nita, Gerardus Manyella dan Fidelis Nong Nogor mengundang sesepuh dan tokoh-tokoh asal Kabupaten Sikka di Kupang menggelar musyawarah dan berhasil memilih Drs. Kristo Blasin sebagai Ketua Umum dengan Sekretaris, Dr. Filemon da Lopez (almarhum).

Baca juga: KKBM Kupang Bantu Pulangkan Mahasiswa Asal Maumere Yang Meninggal Di Kos

Karena kesibukan Drs. Kristo Blasin di panggung politik praktis sebagai pengurus DPD PDIP NTT dan Wakil Ketua DPRD NTT, roda organisasi tidak berjalan mulus sehingga Drs. Theo da Cunha memfasilitasi untuk digelar Musyawarah Besar (Mubes) I. Hasil Mubes I memilih Drs. Theo da Cunha sebagai Ketua Umum dengan Sekretaris, Fidelis Nong Nogor.

Selama tiga tahun kepemimpinan Theo dan Cunha-Fidelis Nong Nogor, banyak keberhasilan yang ditorehkan, terutama aktivas sosial kemasyarakatan membantu sesama warga baik anggota KKBM Kupang maupun warga asal Kabupaten Sikka yang berobat atau mengalami duka di Kupang. Dan, setiap kedukaan warga asal Kabupaten Sikka di Kupang, KKBM selalu hadir. KKBM juga telah dikenal luas dan terdaftar di Kesbangpol Provinsi NTT sebagai ormas etnis di NTT.

Karena kepimpinan Theo da Cunha berakhir, maka diselenggarakan Mubes II yang berhasil memilih Agus Bajo sebagai ketua umum. Agus Bajo bertugas menyusun pengurus untuk dilantik pada 24 September 2022 mendatang.

Warga KKBM baik yang mengikuti Mubes II maupun tidak memberikan apresiasi terhadap hasil Mubes II dan berharap Agus Bajo meneruskan hal-hal baik yang telah dilakukan oleh Theo da Cunha dan meningkatkan kinerja organisasi sebagai wadah pemersatu warga asal Kabupaten Sikka yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya.

Baca juga: Dukung Pariwisata Sebagai Prime Mover NTT, KKBM Kupang Baksos di Pantai Liman

Mubes II itu dibuka oleh Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore. Dalam sambutannya, Jefri menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap KKBM Kupang yang mana diakhir masa jabatannya, masih diundang menghadiri kegiatan Mubes II. "Atas nama Pemerintah Kota Kupang, saya menyambut baik kegiatan ini," kata Jefri.

Dikatakan, organisasi ini dengan beranggotakan sekitar 900 lebih kepala keluarga dengan 4000-an jiwa yang tersebar di tujuh komunitas dan beberapa kelompok arisan asal Kabupaten Sikka menjadi modal pembangunan Kota Kupang.

"KKBM Kupang juga tentu ikut merespons dinamika dan perubahan yang terjadi belakangan ini." katanya.

Menurut Jefri, Mubes yang dilakukan itu tentu bukan saja sebagai silahturahmi, tapi sebagai momentum bagi pengurus dan anggota untuk menyampaikan ide,gagasan demi kemajuan organisasi.

Baca juga: Musyawarah Besar Kerukunan Keluarga Besar Maumere Kupang Atau KKBM Gelar Mubes II Dibuka Wali Kota

"Saya percaya Mubes ini akan menghasilkan pernyataan sikap dan juga agenda kegiatan demi kemajuan pembangunan di Kota Kupang," katanya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved