Berita NTT

Wanita Islam NTT Gelar Peringatan Bulan Muharram, Ini Tujuannya

Wanita Islam provinsi NTT menggelar kegiatan peringatan bulan Muharram 1444 Hijriyah atau 2022 M.

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
POSE - Foto bersama usai kegiatan peringatan bulan Muharram 1444 Hijriyah oleh wanita Islam provinsi NTT. Minggu 21 Agustus 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Wanita Islam Provinsi NTT menggelar kegiatan peringatan Bulan Muharram 1444 Hijriyah atau 2022 M. Kegiatan itu berlangsung di aula TK Islam Nurussa'adah Fontein, Kota Kupang, Minggu 21 Agustus 2022 dengan tema 
Semangat Muharam Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. 

Ketua Umum Pengurus Wanita Islam Provinsi NTT, Mahani Haji Saleh, S. PD, mengatakan kegiatan itu selenggarakan 
Pengurus wilayah dalam hal ini bidang dakwah.  Selain itu, adapun bidang lainnya juga berjalan hingga saat ini. 

Ia menyebut, kegiatan itu rutin dilaksanakan oelh semuan bidang dari pengurus wilayah Wanita Islam provinsi NTT, salah satunya memperingati bulan Muharram 1444 Hijriyah. 

Tujuan kegiatan itu diadakan, adalah untuk menjalin silahturahmi dengan ormas Islam lainnya di NTT, dan Kota Kupang khususnya. 

Setelah pandemi covid-19 sejak beberapa tahun belakangan, beberapa program dari Wanita Islam turut terkendala. Seiring pemulihan, Wanita Islam juga ingin agar aktivitas kembali dilaksanakan. 

"Wanita Islam juga bangkit dan merajut kembali tali silaturahmi itu agar supaya satu sama lainnya bisa bersatu," katanya Mahani.  

Setelah kegiatan ini, akan ada kegiatan lanjutan. Dia menjelaskan, tiap pekan selalu diadakan rapat bersama pengurus dan anggota. 

Dalam rapat itu, tiap anggota maupun pengurus membaca ayat suci untuk mendoakan para leluhur. Dalam rapat itu, diagendakan pembacaan 30 juz Al-Qur'an bagi tiap anggota dan pembacaan dilangsungkan di rumah masing-masing untuk almahrum orang tua masing-masing anggota. 

Setelah dua pekan berjalan, dilanjutkan dengan khataman dan tahlilan untuk arwah orang tua yang diniatkan dalam pembacaan ayat suci tersebut. 

Mahani menyebut, keberadaan wanita Islam yakni untuk mensyiarkan ajaran Islam bagi kaum perempuan dan juga mengerjakan berbagai program yang sedang berkembang ditengah masyarakat.

Dia juga menyinggung tentang program bunda wakaf yang ikut disampaikan dalam acara itu. Dia tidak menjelaskan detail, namun baginya program itu akan sangat membantu. 

Sementara itu, Bunda Nurmeni,S.E, selaku Majelis Hikmah Wanita Islam, menjelaskan, berkaitan dengan program bunda wakaf yang sedang dijalankan pengurus pusat. Ia menjelaskan, Bunda wakaf wanita Islam itu didirikan oleh pimpinan pusat wanita Islam tahun 2018. 

Program bunda wakaf wanita Islam itu bertujuan untuk membiayai kegiatan keumatan seperti pendidikan dan ekonomi. Baginya, program itu untuk penguatan ekonomi keumatan. Selama ini, wanita Islam itu hanya mengandalkan bantuan ataupun iuran anggota untuk keberlangsungan organisasi. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved