Berita Sumba Timur

UMKM Merdeka! Pelaku UMKM Kuliner di Sumtim Dapat Bantuan Elf-Gerobak PLN

Para penerima bantuan ELF-Gerobak dan modal usaha ini terdiri dari para pelaku UMKM Kuliner yang terdiri dari Snack, makanan, dan Minuman

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-PLN
BANTUAN PLN - Bantuan dari PLN melalui PLN Peduli ini bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Sumba Timur PLN menyerahkan ELF-Gerobak UMKM (Electrifying Lifestyle Gerobak UMKM) bagi para pelaku UMKM sebanyak 20 Gerobak disertai modal usaha. 

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU- Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di kawasan kuliner Taman Pahlawan Waingapu menerima bantuan ELF-Gerobak UMKM (Electrifying Lifestyle Gerobak UMKM) dan Bantuan modal usaha UMKM berbasis Dasa Wisma Kabupaten Sumba Timur, Rabu (17/08).

Bantuan dari PLN melalui PLN Peduli ini bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Sumba Timur PLN menyerahkan ELF-Gerobak UMKM (Electrifying Lifestyle Gerobak UMKM) bagi para pelaku UMKM sebanyak 20 Gerobak disertai modal usaha.

Sementara Ketua TP PKK Sumba Timur Dra. Merliaty Praing Simanjuntak menyampaikan, Elf-Gerobak ini bertujuan memulihkan ekonomi masyarakat pasca Covid 19, dengan menghidupkan kembali UMKM berbasis Dasawisma.

Dasawisma sendiri adalah kelompok terkecil dari PKK dimana UMKM ini terkontrol dan Sustainable manajemennya. CSR Program Elf - Gerobak UMKM kerjasama dengan PLN ini diharapkan berdampak pada ekonomi masyarakat dan juga tingkat kehidupan layak bagi masyarakat.

Penyerahan yang dilakukan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 ini mengambil momen tersendiri dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia di Pulau Sumba NTT.

Dalam sambutannya Bupati Sumba Timur, Drs. Khirstofel Praing M.Si. menyampaikan apresiasi terhadap bantuan yang diberikan PLN terhadap UMKM di wilayah yang dipimpinnya.

 “Tentu ini adalah semangat yang manusiawi dan patut kita apresiasi. PLN dengan segala cara dan pendekatan dengan berbagai bantuan CSR kepada masyarakat pada berbagai segmen dan beberapa lokasi. Ini adalah bukti kerjasama pemerintah dengan masyarakat dan berharap PLN tidak berhenti hanya sampai disini. Terimakasih bagi PLN ” tutur Bupati.

Bupati Kabupaten Sumba Timur, Drs. Khirstofel Praing, M.Si pose bersama undangan lainnya usai penyerahan bantuan gerobak buat pelaku UMKM di Sumba Timur
Bupati Kabupaten Sumba Timur, Drs. Khirstofel Praing, M.Si pose bersama undangan lainnya usai penyerahan bantuan gerobak buat pelaku UMKM di Sumba Timur (POS-KUPANG.COM/HO-PLN)

Di tempat yang sama Blasius Gani selaku Manager PT PLN (Persero) UP3 Sumba menyampaikan, serangkaian program corporate social responsibility (tanggung jawab sosial dan lingkungan) dari PLN Peduli yang berada di Pulau Sumba dimulai dengan pemberian bantuan bagi perempuan penenun Desa Mondu dan Wairinding, dilanjutkan dengan bantuan laptop dan internet bagi sekolah di Sumba Barat Daya, Revitalisasi Manggrove Pantai Walakiri, bantuan listrik gratis, pemberian PMT guna penurunan prevelensi stunting dan di Hari Kemerdekaan bertajuk Bantuan ELF Gerobak bagi UMKM.

"Melalui semua program CSR di Sumba menunjukan bahwa PLN sangat concern terkait Sustainable Development Goals dan tanggung jawab PLN kepada masyarakat sekitar”, jelas Blas.

Para penerima bantuan ELF-Gerobak dan modal usaha ini terdiri dari para pelaku UMKM Kuliner yang terdiri dari Snack, makanan, dan Minuman.

“Kami sangat merasa diperhatikan oleh PLN, usaha kami yang sebelumnya sempat terhenti akibat dari covid-19 kemarin seakan mendapat rangsangan dan penyegaran untuk kembali Produktif. Kami senang bahwa bantuan yang diberikan berupa Elf-Gerobak, modal usaha, dan Peralatan Listrik (electrifying lifestyle) sangat amat membantu kami para pelaku UMKM. Bantuan ini sangat memacu kami dalam kembali produktif dan dapat menyokong ekonomi keluarga kami.” Tutur Ida Ndapa selaku Pemilik UMKM Pasola di Taman Pahlawan Waingapu.

Konsep dari Elf-Gerobak sendiri adalah gerobak yang dilengkapi dengan Peralatan listrik yang menjadi bagian dari Electrifying Lifestyle sendiri. Adapun peralatan yang pelengkap dari Elf Gerobak meliputi: Coffee Maker, Kompor Induksi, Dispenser, Blender, Pemansa Air, dan beberapa perlengkapan listrik lainnya sesuai kebutuhan masing-masing UMKM.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved