HUT ke17 Kemerdekaan RI

Meriahnya Karnaval Budaya di Desa Lewonama-Solor, Ibu-Ibu Kenakan Seragam SD, Ada juga Jadi Wartawan

Suasana menjelang 17 Agustus 2022 di Desa Lewonama, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, sangat meriah. Ada kegiatan Karnaval Budaya.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
KARNAVAL BUDAYA - Karnaval Budaya di Desa Lewonama, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur menyambut HUT Ke-77 Kemerdekaan RI. Kegiatan ini berlangsung meriah pada Selasa 16 Agustus 2022 sore. 

POS-KUPANG.COM - Suasana menjelang HUT ke-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022 di Desa Lewonama, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, sangat meriah. Kemeriahan tercipta dari Karnaval Budaya yang digelar masyarakat di desa setempat.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa 16 Agustus 2022 itu, mengambil titik star di Balai Desa Guan Gahin Lewotana Pamakayo-Lewonama.

Acara pelepasan para peserta karnaval budaya itu dilakukan oleh Kepala Desa Lewonama, Andreas Mado Lewar didampingi Ketua BPD Lewonama, Paulus Moron.

Setelah melepas para peserta, Kepala Desa Andreas Mado Lewar dan seluruh aparat serta Ketua BPD bersama pengurus, ikut terlibat dalam karnaval tersebut.

Baca juga: Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Satgas Pamtas Yonif 742/PSY Gelar Lomba di Pos Kout

POSE BERSAMA - Kepala Desa Lewonama, Andreas Mado Lewar bersama Ketua BPD, Paulus Moron saat pose bersama peserta Karnaval Budaya di Balai Desa Guan Gahin Lewotana Pamakayo-Lewonama, Selasa 16 Agustus 2022.
POSE BERSAMA - Kepala Desa Lewonama, Andreas Mado Lewar bersama Ketua BPD, Paulus Moron saat pose bersama peserta Karnaval Budaya di Balai Desa Guan Gahin Lewotana Pamakayo-Lewonama, Selasa 16 Agustus 2022. (POS-KUPANG.COM)
BIDAN TERLATIH - Dua bidan terlatih di Desa Lewonama saat mengikuti Karnaval Budaya pada Selasa 16 Agustus 2022.
BIDAN TERLATIH - Dua bidan terlatih di Desa Lewonama saat mengikuti Karnaval Budaya pada Selasa 16 Agustus 2022. (POS-KUPANG.COM)

Bila ditambah dengan seluruh peserta karnaval, maka kegiatan sore itu diikuti hampir seribu orang.

Pasalnya, seluruh komponen masyarakat mulai dari anak-anak TK/PAUD, anak-anak SD hingga siswa SMP dan SMA hingga orang tua dan masyarakat umum, terlibat dalam kegiatan tersebut.

Suasana karnaval itu menjadi semakin meriah, manakala sejumlah orangtua terutama ibu-ibu mengenakan pakaian seragam sekolah.

Baca juga: Satgas Pamtas Ambil Bagian dalam Persiapan Jelang Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Desa Eban

Ada juga yang berperan sebagai wartawan, bidan terlatih, artis, guru, suster, petani dan masih banyak lagi. Sementara anak-anak TK/PAUD dan SD mengenakan pakaian motif daerah.

Ada pun rute Karnaval Budaya sore itu, yakni star dari gedung balai desa melewati jalan utama trans Solor, melintasi ruas jalan tengah yang membelah Desa Lewonama, SMP Negeri Solor Barat dan berakhir di Pasar Desa Lewonama.

Terbetik kabar, Karnalav Budaya tersebut merupakan salah satu cara untuk mempromosikan pasar yang ada di Nubawutun, tepi barat Desa Lewonama.

WAJAR 9 TAHUN - Seorang ibu mengenakan seragam SD saat mengikuti Karnaval Budaya yang diselenggarakan di Desa Lewonama, Kecamatan Solor Barat, Flores Timur, Selasa 16 Agustus 2022. Penampilan ibu ini membuat suasana semakin meriah.
WAJAR 9 TAHUN - Seorang ibu mengenakan seragam SD saat mengikuti Karnaval Budaya yang diselenggarakan di Desa Lewonama, Kecamatan Solor Barat, Flores Timur, Selasa 16 Agustus 2022. Penampilan ibu ini membuat suasana semakin meriah. (POS-KUPANG.COM)

 

JADI WARTAWAN - Petronela krowin, seorang ibu di Desa Lewonama, memerankan diri sebagai wartawan saat Karnaval Budaya yang diselenggarakan di desa itu, Selasa 16 Agustus 2022 sore.
JADI WARTAWAN - Petronela krowin, seorang ibu di Desa Lewonama, memerankan diri sebagai wartawan saat Karnaval Budaya yang diselenggarakan di desa itu, Selasa 16 Agustus 2022 sore. (POS-KUPANG.COM)

Baca juga: GRATIS 10 Link Twibbon 17 Agustus 2022 Super Keren dan Kece, Ayo Semarakan HUT Kemerdekaan RI

Sementara tujuan utamanya adalah memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2022.

Sedangkan kegiatan lain yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia, adalah bolakaki putra dan putri, bolavoli putra/putri, lomba mewarnai anak TK/PAUD dan cerdas cermat.

Ada juga malam seni budaya, serta lomba cerdas cermat antardusun. Materi lomba cerdas cermat tersebut terkait WAWASAN KEBANGSAAN.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved