Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT: Daging Babi Goreng Kampung Rasa Enak dan Empuk ala Ferry Ndoen Yuk Coba Bro

daging babi hasil piaraan sepert ini umur  ato usia babi bisa mencapai satu (1) tahun ato 1 tahun lebih usia bai piaraan.Babi piaraan asli Timor yang

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
Babi Goreng empuk ala ato Hasil Goreng Ferry Ndoen Rabu 17 Agustus 2022 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Bagi Anda pencinta makanan ato Kuliner Khas NTT yang sonde banyak pakai bumbu, maka Anda bias coba tes masakan yang satu ini. Bahannya sederhana bumbunya pun cuma beberapa bahan dan murah meriah. 

Apalagi masakan asli pakai daging babi goreng Timor asli ini kalau dimakan deng nasi puti deng beras tumbuk ato deng beras membramo yang bukan digiling di mesin mol tapi ditumbuk pakai alu dalam lesung kayu lalu diayak dan beras itu dan lalu imasak, ini bikin lupa talinga sebela.

Bahannya cuma daging babi 1 kg. Tapi daging babi yang digoreng ini harus daging babi asli yang dipelihara tanpa diberikan makanan toko tapi daging babi piaraan di kandang dan diberikan makanan rumahan.

Ini rasa daging lebe enak dan lebih gurih serta lebih empuk jika dibandikan dengan basong membeli daging babi yang dipelihara dengan cara diberikan makanan toko yang ada dalam karung.

Biasanya daging babi hasil piaraan sepert ini umur  ato usia babi bisa mencapai satu (1) tahun ato 1 tahun lebih usia bai piaraan.Babi piaraan asli Timor yang dipelihara warga masyarakat di daerah kampung/pedalama desa kampung di wilayah Pulau Timor ini akan jauh terasa lebih gurih.Pasalnya, babi seperti ini biasanya dipelihara dalam kandang yang dipagari dengan batu di kebun.

Dan babi ini biasanya di kasih makanan hasil olahan sendiri. Ini daging babi akan terasa jauh lebih enak karena diberikan dari hail makanan sisa.Kalo sonde percaya boleh dicoba sendiri daging seperti ini dan rasakan sensani daging piaraan warga di kampung-kampung yang dilepas di kebuh ato dipelihara di kandang besar yang dipagari dengan batu di kampung-kampung di pedalaman wilayah Timor.

Bahan yang dibutuhkan:Daging babi asli babi kampung Timor 1 ato 2 kg Daging diiris tipis bisa langsung digoreng ato sebelum digoreng bisa juga direbus dengan bumbu bawang merah Rote dan bawang putih Timor yang sudah dihaluskan. Taru juga merica biar rasanya enakk bro.

Daging babi yang sudah direbus ini dioles dengan bawang merah dan bawang putih serta merica bersama garam Oebelo. Bisa juga diberi sedikit ketumbar yang sudah dihaluskan dan bumbu penyedap.Lalu daging babi asli Timor ini dilangsung digoreng dengan api yang kecil hingga matang dan agak merah lalu ditaruh dalam wadah piring untuk disantap bersama keluarga.

Ingat, saat daging babi digoreng jangan gunakan api yang menyala terlalu besar. Tapi api kompor ato pakai api dari bara api kayu kusambi dikecil pelan-pelan sampai irisan potongan daging babi asli Timor ini merah dan matang.Ini butuh waku kurang lebih 7-10 menit jika api dinyalakan kecil hingga daging berwarna merah tanda sudah matang.

Saat makan daging babi goreng Kuliner Khas NTT ini, Anda bisa makan dengan nasi panas dan colo-colo dengan sambal jeruk nipis ato deng sambal luat Timor.

Ato bisa juga dengan sambal pakai kuru/lombok Timor lalu diberikan kecap asin dan diperas dengan jeruk nipis. Selamat mencoba dan selamat menikmati daging babi goreng Timor yang empuk ala Ferry Ndoen. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

DAGING - Daging babi goreng
DAGING - Daging babi goreng (POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved