Festival Golo Koe Labuan Bajo Jadi Agenda Tahunan Keuskupan Ruteng

Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat Pr mengatakan, Festival Golo Koe Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat

Penulis: Gecio Viana | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/HO-HUMAS KOMINFO MABAR.
PROSESI - Suasana prosesi Patung Maria Assumpta Nusantara di Waterfront City Marina Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Minggu 14 Agustus 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat Pr mengatakan, Festival Golo Koe Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), akan menjadi festival tahunan, Senin 15 Agustus 2022.

Hal tersebut ditegaskan saat menutup Festival Golo Koe di Waterfront City Marina Labuan Bajo

"Setelah berkonsultasi dengan Pemerintah Daerah Manggarai Barat dan BPOLBF serta stakeholder lainnya, saya ingin memaklumkan secara resmi bahwa 
Festival Golo Koe Labuan Bajo ini akan menjadi festival rutin tahunan Gereja Keuskupan Ruteng," katanya. 

Mgr Siprianus Hormat menjelaskan, pariwisata adalah pesta rakyat. Pariwisata bukan hanya pesta turis, tetapi juga pesta bersama. Pariwisata bukan hanya “gawean” orang berduit, tetapi juga “lonto leok”. 

Menurutnya, pariwisata haruslah berpartisipasi. Tetapi bukan hanya dalam hal kesejahteraan, bukan sekedar penerima pasif (obyek) keuntungan ekonomi.

"Berpartisipasi berarti  masyarakat lokal menjadi pelaku, menjadi subyek pariwisata:

Yang mendesain pariwisata sesuai kearifan lokal dan roh spiritualitas setempat. Yang melaksanakan pariwisata dalam semangat persaudaraan dan kebhinekaan. Yang bersama sujud takjub di hadapan Sang Khalik atas maha agung karya cinta ciptaan-Nya. Oleh sebab itu saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih sedalam-dalamnya kepada segenap panitia yang telah bekerja siang dan malam,  dalam terik mentari dan basah kuyup keringat dan hujan untuk mensukseskan festival Golo Koe ini," jelasnya. 

Menurutnya, semua pihak yang menyukseskan kegiatan tersebut adalah pahlawan, keringat dan kerja keras telah membuat kota Labuan Bajo menjadi harum menawan.

"Limpah terima kasih juga kepada bapak bupati/wakil bupati Mabar beserta seluruh jajaran Pemda Mabar, kepada Forkompinda, kepada BPOLBF, kepada Syahbandar dan pihak pelabuhan, kepada Sarkes PUPR, kepada pihak keamanan, kepada para donatur atau sponsor dan segenap stakeholder pariwisata. Dalam festival Golo Koe ini telah kita tunjukkan kepada semua pihak tentang kerja sama jejaring dan persaudaraan kita. Manakala ada pikiran dan hati untuk kepentingan dan kebaikan bersama, semuanya akan berjalan indah pada waktunya," katanya. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved