HUT RI ke 77

Kado HUT ke-77 RI, Ansy Lema Sukses Perjuangkan Dua Traktor Roda Empat untuk Kabupaten Belu

Bantuan ini merupakan wujud dukungan konkret kepada para petani di Belu yang berada di wilayah perbatasan agar meningkatkan produktivitas

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK ANSY LEMA
BANTUAN - Alsintan bantuan aspirasi dari anggota DPR RI Ansy Lema di Kantor Dinas Pertanian, Kota Atambua,  Senin 15 Agustus 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, ENDE - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Yohanis Fransiskus Lema S.IP, M.Si terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung kemajuan pertanian di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kali ini, wakil rakyat yang akrab dipanggil Ansy Lema sukses memperjuangkan alat mesin pertanian (alsintan) yang diperuntukkan kepada para petani di Kabupaten Belu, salah satu wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Alsintan jenis prapanen yang telah tiba di Kabupaten Belu tersebut diserahterimakan kepada para kelompok tani penerima di halaman Kantor Dinas Pertanian, Kota Atambua,  Senin 15 Agustus 2022.

Baca juga: Ansy Lema Pertanyakan Representasi NTT dalam Rekrutmen Calon Taruna Akpol

"Bantuan ini merupakan wujud dukungan konkret kepada para petani di Belu yang berada di wilayah perbatasan agar meningkatkan produktivitas pertanian mereka,” ujar Ansy Lema melalui keterangan tertulis yang diterima Pos Kupang hari ini.

Perjuangkan Aspirasi Rakyat di Senayan

Jenis alsintan prapanen yang berhasil diperjuangkan Ansy Lema, yakni 2 Unit Traktor Roda Empat, 5 Unit Traktor Roda Dua dan 5 Unit Handsprayer. Penyerahan Traktor Roda Empat dilakukan oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Belu Gela Ray Lade, S.Pt mewakili Ansy Lema  yang hadir secara virtual kepada perwakilan dua kelompok penerima, yakni Romo Leo Asuk, Pr dari SMA Seminari Lalian dan Para Suster dari Komunitas SSpS Halilulik.

Ansy menjelaskan, bantuan alat mesin pertanian Traktor Roda Empat bermula dari aspirasi keluarga besar SMA Seminari Lalian dan Komunitas Suster-Suster SSpS Halilulik. Traktor Roda Empat sangat dibutuhkan untuk mengolah lahan perkebunan yang sangat luas, dan membantu para petani yang berada di sekitar komunitas biara tersebut.

"Aspirasi dari SMA Seminari Lalian dan Komunitas Suster SSpS saya catat dan perjuangkan dalam rapat bersama Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian (Ditjen PSP Kementan) di Senayan. Syukurlah, perjuangan saya disetujui Ditjen PSP yang berujung adanya bantuan dua unit traktor roda empat ini," ujar Ansy.

Sejak terpilih menjadi anggota DPR Ansy telah sukses memperjuangkan ribuan alsintan pra dan pasca panen bagi petani di NTT.

Berbagai bantuan alsintan tersebut bertujuan mendukung pembangunan pertanian di NTT. Saat ini, teknologisasi pertanian modern berkelanjutan mendorong penggunaan alsintan untuk memudahkan kerja serta menghemat waktu dan tenaga para petani NTT.

Baca juga: Ansy Lema Tagih Janji KLHK Buka Data Izin Pelepasan Hutan 3,2 Juta Hektar

Itulah alasan Ansy setuju mendorong-memperjuangkan penggunaan alsintan pra maupun pasca panen.

“Saat ini, mekanisasi pertanian melalui alsintan tidak hanya digunakan pada lapangan/lahan pertanian (on-farm) tetapi juga pada kegiatan pasca panen pengolahan. Para petani perlu dibantu alsintan agar meningkatkan produktivitas pangan,” kata Ansy.

Kado HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved