Berita Flores Timur

Anggota Pramuka Flores Timur Diharap Mampu Jiwai Semangat Pahlawan Kapitan Lingga

Bumi Perkemahan Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur dihadiri mantan Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli yang juga Ketua Kwarcab Pramuka

Editor: Ferry Ndoen
(POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA)
API - Ketua Kwarcab Pramuka Flores Timur, Agustinus Payong Boli saat membakar api unggun di bumi perkemahan Lamahala Jaya 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM,ADONARA - Acara api unggun di Bumi Perkemahan Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur dihadiri mantan Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Flores Timur.

Dalam pidatonya, Payong Boli mengajak anggota Pramuka Flotim agar menjiwai darah juang pahlawan Kapitan Lingga asal Desa Lamahala Jaya agar kelak mampu menjadi  pemimpin dengan daya juang tanpa batas untuk negara dan Lewotana Flores Timur.

Kapitan Lingga adalah Pahlawan pra kemerdekaan asal Desa Lamahala Jaya yang berjuang mengusir penjajah Portugis di Benteng Lohayong Solor yang mengeruk Cendana di Pulau Solor. 

"Jiwai semangat Kapitan Lingga agar kelak mampu menjadi pemimpin yang punya semangat dan daya juang," ujar Agus Boli. 

Ia mengatakan Pramuka adalah ladang persemaian kader pemimpin masa depan sesuai Undang-Undang No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Permendikbud No.63 tahun 2014 yang mengamanatkan  pendidikan Pramuka menjadi ekstraKurikulum wajib di sekolah-sekolah.

Baca juga: Ribuan Warga Kota Tambolaka Sumba Barat Daya Padati Jalan Sambut Karnaval Peringati  HUT RI Ke-77

Dengan pengalaman sikap solidaritas, tanggungjawab, cinta alam dan sesama serta kuat iman sebagai bekal kepemimpinan, anggota Pramuka wajib memiliki tiga kecerdasan yakni kecerdasan Imintelektual(IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdadan spiritual.

"Anggota Pramuka tidak boleh putus sekolah. Bersiap diri menjadi pemimpin," katanya. 

"Terimakasih kepada pemerintah desa Lamahala Jaya dan seluruh masyarakat yang telah mendukung perkemahan ini. Proficiat kepada Ketua Kwartir Ranting Adonara Timur Ardin Tokan dan ketua panitia Muhamad Soleh Kadir alias Pion Ratuloli dan semua panitia yang telah sukses menyelenggarakan perkemahan HUT Pramuka yang ke-61," pungkasnya. (*) 

Ikuti berita POS-KUPANG.com di

Baca juga: Ribuan Warga Kota Tambolaka Sumba Barat Daya Padati Jalan Sambut Karnaval Peringati  HUT RI Ke-77


 

API -  Ketua Kwarcab Pramuka Flores Timur, Agustinus Payong Boli saat membakar api unggun di bumi perkemahan Lamahala Jaya
API - Ketua Kwarcab Pramuka Flores Timur, Agustinus Payong Boli saat membakar api unggun di bumi perkemahan Lamahala Jaya ((POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA))

 
 
 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved